Bahaya Senyawa Parfum Bisa Merusak Sperma

Bahaya Senyawa Parfum Bisa Merusak SprmaCologne dan parfum banyak dipakai orang untuk membuat tubuhnya harum. Tapi sebuah studi menunjukkan bahan ‘rahasia’ yang dapat memberikan aroma khusus pada cologne ternyata bisa merusak sperma. Peneliti menganalisis komposisi kimia dari 17 jenis parfum dan cologne. Dari studi ini diketahui bahwa banyak produk yang menggunakan bahan tertentu untuk aromanya mengandung senyawa yang memiliki potensi berinteraksi dengan hormon. Tapi bahan-bahan itu tidak dicantumkan dalam label.

Salah satu bahan kimianya adalah dietil ftalat yang ditemukan pada 12 produk dan terkait dengan kerusakan sperma yang bisa menurunkan kesuburan seseorang. Pada studi Harvard tahun 2006 diketahui mengenai bahaya dari dietil ftalat (DEP) terhadap sperma. Selain itu juga ditemukan DEP yang merupakan salah satu senyawa yang dapat mengganggu hormon.

Berdasarkan penelitian ini dicontohkan Giorgio Armani’s Acqua di Gio mengandung tujuh senyawa yang bisa berinteraksi dengan estrogen (hormon perempuan), androgen (hormon laki-laki) atau keduanya. Penelitian ini dilakukan oleh konsumen advokasi nirlaba Environmental Working Group.Wewangian dari American Eagle Outfitters yang dikenal dengan AE77 memiliki bahan kimia yang paling banyak tidak tercantum di label yaitu sekitar 24 senyawa, diikuti oleh Coco Channel dengan 18 bahan kimia rahasia. Sementara Dolce and Gabbana Light Blue memiliki paling sedikit bahan kimia rahasia yaitu hanya 7 senyawa. Senyawa DEP yang digunakan sebagai pelarut dan menciptakan bau khusus dalam produksi wewangian ini merupakan salah satu bahan yang tidak terdaftar, tapi bukan berarti senyawa ini tidak berbahaya.

Loading...