Akupunktur Efektif Redakan Nyeri

Akupunktur Efektif Redakan NyeriBanyak orang percaya pada kehebatan pengobatan tusuk jarum (akupunktur), tapi banyak juga yang menyangsikannya. Tapi sebuah eksperimen di laboratorium membuktikan tusuk jarum memang dapat memberikan efek pereda nyeri.  Efek tersebut meningkat hingga 3 kali lipat saat dikombinasikan pemberian obat leukemia, deoxycoformicyn.

Menusukkan jarum kemudian memutar-mutarnya di tiap periode tertentu merangsang senyawa kimia bernama adenosin, yang secara alami terdapat dalam tubuh. Senyawa tersebut berfungsi untuk menekan rasa nyeri. Dikutip dari AFP, Senin (31/5/2010), eksperimen tentang hal itu dilakukan terhadap seekor tikus, dengan menyuntikkan senyawa kimia pada salah satu lengannya. Senyawa tersebut memicu terjadinya inflamasi yang disertai rasa nyeri.

Kemudian peneliti menusukkan sebuah jarum pada salah satu titik di lutut si tikus. Dalam akupunktur, titik tersebut dikenal sebagai titik Zusanli. Setelah menancap, jarum lalu diputar-putar setiap jeda 5 menit dan diulang terus hingga 30 menit. Prosedur ini mengacu pada tata cara standar dalam ilmu akupunktur. Selama 30 menit itu, level adenosin di sekitar titik penusukan meningkat hingga 24 kali lipat. Demikian juga sesaat setelah jarum dicabut.