Manjurnya Wortel Untuk Kesehatan Mata

Manjurnya Wortel Untuk Kesehatan MataAnggapan yang selama ini beredar mengenai wortel dan kesehatan mata ada benar tapi juga ada salahnya. Mampukah wortel membantu meningkatkan penglihatan mata? Selama ini orangtua seringkali menyuruh anaknya untuk mengonsumsi wortel karena dipercaya dapat membuat mata menjadi sehat.

Padahal wortel tidak akan meningkatkan ketajaman visual seseorang yang sudah memiliki penglihatan yang kurang sempurna. Tapi vitamin yang terkandung di dalam wortel dapat membantu meningkatkan kesehatan mata secara menyeluruh. ayuran wortel mulai terkait dengan kesehatan mata sejak Perang Dunia II. Pada saat itu diceritakan bahwa pilot pesawat tempur John Cunningham memiliki penglihatan terbang yang bagus di malam hari setelah rajin mengonsumsi wortel. Menanggapi cerita ini, akhirnya banyak orang yang rajin mengonsumsi wortel agar bisa memiliki penglihatan sempurna.

Senyawa beta karoten adalah pigmen karotenoid yang ditemukan pada sayuran serta buah-buahan yang berwarna oranye. Beta karoten ini merupakan prekursor penting bagi pembentukan vitamin A. Seseorang yang mengalami kekurangan vitamin A ekstrem bisa menyebabkan kebutaan. Bahkan di beberapa negara berkembang, kekurangan vitamin A menjadi penyebab utama kebutaan. Selain itu kekurangan vitamin A juga bisa menyebabkan xeroftalmia, kondisi mata tidak bisa lagi memproduksi air mata, mengalami kekeringan di mata, pembengkakkan kelopak mata dan gangguan kornea.

Loading...