Penyebab Gigi Kelinci

Penyebab Gigi KelinciAnak kecil terkadang memiliki gigi depan yang lebih besar atau lebih maju dibandingkan dengan gigi-gigi lainnya, yang sering disebut gigi kelinci. Apa penyebab dari gigi kelinci ini? Kondisi gigi seperti itu disebut dengan ‘buck teeth’. Anak yang punya gigi kelinci seringkali menjadi bahan ledekan diantara teman-temannya.

Meskipun bentuk gigi seperti ini terlihat tidak berbahaya, tapi bisa menimbulkan masalah kesehatan  karena adanya kesesuaian gigi yang tidak sehat Seperti dikutip dari Atlantadentist.com, Sabtu (5/6/2010) kondisi gigi seperti itu bisa disebabkan oleh faktor genetik atau sebagai akibat dari kebiasaan mengisap jempol saat masih bayi atau anak-anak yang berlangsung lama.

Mengisap ibu jari merupakan kebiasaan buruk yang banyak dilakukan oleh anak-anak, karena dipercaya bisa memberikan kenikmatan tersendiri bagi anak-anak tersebut. Sebagian besar anak akan menghentikan kebiasaan ini antara usia 2-4 tahun. Tapi untuk mencegah timbulnya ‘gigi kelinci’ tak ada salahnya untuk menghentikan kebiasaan ini lebih dini.

Faktor genetik juga diduga memainkan peran terhadap kondisi gigi seperti itu. Meskipun belum diketahui dengan pasti hubungan keduanya. Jika bentuk gigi ini sampai menghalangi penutupan seluruh bibir, maka akan sangat memalukan dan tidak sedap dipandang.

ika tidak segera diperbaiki bisa menyebabkan beberapa masalah, karena posisi gigi lebih maju sehingga rentan terkena benturan atau ketidakmampuan untuk makan dan mengunyah dengan baik.

Kondisi ini lebih mudah ditangai jika dimulai pada usia dini, terutama jika si kecil sudah mulai mengeluhkan adanya masalah pada kesehatan mulutnya. Dokter bisa memandu pertumbuhan gigi dan perawatannya akan lebih murah.