Mengatasi Depresi Dengan Asam Folat

Mengatasi Depresi Dengan Asam FolatSelama ini asam folat dikenal sebagai salah satu vitamin yang penting untuk pertumbuhan bayi yang dikandung. Tapi ternyata asam folat ini juga bisa membantu dan mencegah gangguan depresi. Hal ini berdasarkan dua percobaan yang melibatkan sekitar 1.000 orang dengan dosis harian asam folat. Satu penelitian dilakukan oleh University of Oxford untuk mencari tahu apakah vitamin ini bisa mencegah depresi pada orang yang masih muda. Sedangkan penelitian kedua dilakukan di Bangor University, North Wales dengan melibatkan orang dewasa yang mengalami depresi sedang hingga berat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sepertiga dari penderita depresi memiliki kadar asam folat yang rendah, dan juga semakin besar kekurangan asam folat maka gejala depresi yang diderita juga akan semakin parah. Selain itu orang yang memiliki kadar folat rendah, memiliki respons yang kurang terhadap antidepresan. Beberapa studi telah menemukan bahwa pasien depresi akan kekurangan folat. Kemungkinan banyak orang yang depresi cenderung mengonsumsi makanan dalam jumlah sedikit, hal ini menyebabkan seseorang kekurangan banyak vitamin dan mineral termasuk asam folat.

Sebuah studi yang terdapat dalam Journal of Clinical Psychiatry menemukan bahwa jumlah asam folat yang cukup diperlukan oleh otak agar bisa bekerja dengan baik. Jika otak kekurangan zat ini bisa menyebabkan risiko lebih tinggi terhadap depresi dan juga memperburuk respons obat antidepresan. Selain itu dalam studi yang dipublikasikan American Journal of Psychiatry, sekelompok peneliti memberikan obat fluoxetine (Prozac) pada 213 pasien dengan gangguan depresi. Setelah delapan minggu diberikan fluoxetine, pasien dengan kadar folat rendah secara signifikan cenderung menunjukkan peningkatan dari terapi obat.

Loading...