Bercinta Dua Kali Seminggu Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Jantung

Gaya BercitaManfaat bercinta bukan hanya sekedar untuk menyalurkan kebutuhan dan mendekatkan Anda dengan pasangan. Banyak sekali manfaat medis yang bisa Anda dan pasangan dapatkan melalui bercinta.Berhubungan intim dengan pasangan Anda ternyata tak hanya memberikan kepuasan seksual. Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkap bahwa berhubungan intim pada wanita ternyata memiliki manfaat positif terhadap kesehatan jantung pria.  Pria yang melakukan hubungan seksual dua kali seminggu memiliki risiko penyakit jantung 45 % lebih kecil, dibandingkan pria yang hanya melakukannya sekali dalam seminggu atau kurang dari itu. Penelitian dilakukan oleh para pakar di Massachusetts terhadap 1.000 pria dewasa sejak tahun 1987. Penelitian dilakukan dengan mendata frekuensi bercinta mereka secara periodik. Pendataan frekuensi bercinta selalu disertai dengan hasil tes kesehatan jantung.

Selama 16 tahun itu, para peneliti mempelajari hubungan frekuensi bercinta dengan kondisi kesehatan jantung. Tentunya, dilakukan tanpa mengabaikan faktor penting lain yang mempengaruhi kesehatan jantung, seperti berat badan, usia, tekanan darah, dan kadar kolestrol. Aktivitas itulah yang kemudian mendorong pelepasan hormon endorfin, yang bekerja mencegah stres. Tanpa stres, seseorang akan memiliki kondisi jantung yang lebih baik.

Dalam sejumlah penelitian, stres memicu semburan adrenalin dan zat katekolamin yang dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah serta peningkatan denyut jantung. Kondisi ini memicu gangguan suplay darah ke jantung. Studi yang dipaparkan bahwa penderita stres memiliki risiko terserang penyakit jantung sebanyak 34 %. Para peneliti kemudian berkesimpulan bahwa kenikmatan yang dihasilkan saat berhubungan seksual dapat membuat seseorang lebih sehat. Tak hanya memperkecil risiko terserang penyakit jantung, bercinta juga bermanfaat menekan gangguan tubuh akibat hormon stres.