Cara Cepat Untuk Sembuh Dari Penyakit

Cara Cepat Untuk Sembuh Dari PenyakitSetelah menjalani operasi biasanya orang ingin cepat-cepat sembuh. Ternyata ada cara cepat semmbuh dari sakit. Hanya dengan membuat pikiran rileks dan santai, proses penyembuhan luka akan lebih cepat dua kali lipat. Anjuran itu didasarkan pada hasil eksperimen yang dilakukan seorang psikolog dari jurusan psikiatri King’s College London, Professor John Weinman. Eksperimen tersebut juga membuktikan, stres justru dapat memperlama proses penyembuhan luka.

Mengukur kadar hormon kortisol (hormon penyebab stres) pada 25 relawan, dan membandingkan tingkat stres melalui kuisioner. Kortisol merupakan hormon yang secara khas akan meningkat dalam kondisi stres. Eksperimen ini membuktikan, perubahan kadar kortisol sebanding dengan kecepatan proses penyembuhan luka. Prof Wienman menyimpulkan, luka sembuh lebih lama pada relawan dengan tingkat stres yang tinggi. Dalam eksperimen berikutnya, Prof Wienman membagi relawan menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama diminta menuliskan keluh kesah di buku harian setiap hari, sedangkan kelompok kedua diminta menulis tentang manajemen waktu yang rumit.

Menuliskan masalah hidup di buku harian berarti melepaskan beban psikologis, yang ternyata memberikan pengaruh nyata secara fisik. Dengan variasi yang cukup besar, kecepatan penyembuhan luka paling cepat teramati pada kelompok pertama.

Ketika membandingkannya dengan penelitian terdahulu, Prof Wienman mendapati bahwa pola yang sama juga teramati dalam 22 penelitian tentang kaitan stres dengan penyembuhan luka. Ini semakin menegaskan adanya keterkaitan yang erat antara kedua hal tersebut.


Topik Terkait:
,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>