Penyakit Paru Obstruktif Kronik (Emfisema)

Penyakit Paru Obstruktif Kronik (Emfisema)Emfisema adalah jenis penyakit paru obstruktif kronik yang melibatkan kerusakan pada kantung udara (alveoli) di paru-paru. Akibatnya, tubuh tidak mendapatkan oksigen yang diperlukan. Emfisema membuat penderita sulit bernafas. Penderita mengalami batuk kronis dan sesak napas. Penyebab paling umum adalah merokok.

Gejalanya:

Gejala Emfisema ringan semakin bertambah buruk selama penyakit
terus berlangsung. Gejala-gejala emfisema antara lain:

– Sesak napas
Sesak napas, hampir setiap orang pernah menderita sesak napas baik tua muda bahkan anak-anak. Penyebab sesak napas sangat beragam, dan bila tidak diatasi dengan segera akan menyebabkan ketidaknyamanan bahkan kematian.

– Mengi
Saat mengi menyerang, jangankan untuk berjalan untuk bernafaspun sulitnya bukan main. Apalagi jika ditambah dengan batuk, sangat tidak menyenangkan. Tips kali ini bisa dikatakan sebagai tips alternatif buat Anda yang memiliki Mengi.

– Sesak dada
Gejala lain yang dialami ketika seseorang terserang penyakit jantung adalah rasa nyeri yang hebat pada bagian dada yang disertai muntah
materi referensi:

– Mengurangi kapasitas untuk kegiatan fisik

– Batuk kronis
Batuk kronis adalah batuk yang tidak menghilang. Batuk kronis sendirinya bukan penyakit; agaknya ia adalah gejala dari penyakit-penyakit lain. Ia adalah persoalan yang umum dan sebab untuk banyaknya kunjungan-kunjungan ke dokter.

– Kehilangan nafsu makan dan berat

– Kelelahan
Kelelahan adalah salah satu dari dua cara utama tubuh mengingatkan bahwa kita mempunyai persoalan. Cara lain adalah rasa nyeri. Kita biasanya memperhatikan rasa nyeri atau sakit, dan menghentikan apa yang jadi penyebabnya. Namun kita tidak memperhatikan kelelahan sama seperti rasa nyeri. Satu alasan kelelahan menjadi semakin buruk secara pelan-pelan, jadi kita tidak memperhatikannya.

Loading...