Manfaat Beras Merah Bisa Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat Beras Merah Bisa Menurunkan Risiko DiabetesTak banyak yang mengonsumsi beras merah, karena terkadang warna yang dihasilkan tidak menarik perhatian. Tapi kini tak ada salahnya jika ingin beralih ke beras merah, karena studi menunjukkan beras merah bisa mengurangi risiko diabetes. Beras merah hanya sedikit meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dibandingkan dengan beras putih. Hasil yang didapatkan dari studi ini adalah mengganti sepertiga porsi beras putih dengan beras merah bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 16 persen.

Jika mengonsumsi beras putih maka indeks glikemiknya tinggi serta kandungan glukosanya juga tinggi. Selain itu konsekuensi lain dari proses pemurnian yang dilakukan bisa membuat beras kehilangan serat, vitamin, magnesium dan mineral lainnya. Hal inilah yang membuat beberapa kandungan dari beras ikut hilang, kandungan-kandungan ini diduga bisa membantu melindungi seseorang dari diabetes.

Dilihat dari sudut pandang kesehatan, menggantikan beras putih dengan beras merah juga bisa memberikan manfaat kesehatan lainnya. Hal ini menjadi sangat penting karena beras telah menjadi makanan pokok di negara-negara Asia selama berabad-abad. Diabetes merupakan salah satu penyakit yang setiap tahun jumlahnya meningkat, salah satu faktor yang mempengaruhi adalah perubahan gaya hidup. Selain itu risiko komplikasi dari diabetes sangat beragam karena bisa menyerang berbagai organ yang ada di dalam tubuh.


Topik Terkait:
, ,

One Comment

  1. Pingback: Manfaat Beras Merah Bisa Menurunkan Risiko Diabetes « tokoKQ5 blogs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>