Masalah Keringat Dingin Saat Tidur

Masalah Keringat Dingin Saat TidurBanyak berkeringat memang sehat apalagi bila terjadi setelah olahraga atau melakukan pekerjaan yang berat. Tapi sering berkeringat dingin terutama saat tidur bisa jadi pertanda penyakit yang serius. Meskipun keringat dingin tidak selalu merupakan indikator adanya penyakit, tapi kadang-kadang berkeringat dingin saat tidur dapat menjadi kondisi yang berbahaya.

Berikut beberapa penyebab yang memicu keringat dingin saat tidur yaitu:

1. Cedera Otak
Akibat adanya cedera otak dapat mempengaruhi sistem sekresi, salah satunya dengan mengeluarkan keringat abnormal, seperti berkeringat dingin saat tidur. Ini juga terjadi pada pasien lumpuh otak.

2. Infeksi
Ada beberapa infeksi yang mempengaruhi respons sistem kekebalan tubuh, seperti TBC, osteomielitis (peradangan pada tulang), endokarditis (peradangan katup jantung), dan HIV.

3. Menopause
Pada saat menopause, kadar hormon tertentu seperti estrogen dan progesteron akan turun dan dapat menyebabkan keringat dingin ketika tidur.

4.  Kanker
Keringat dingin juga merupakan gejala dini kanker, terutama limfoma (kanker dari sistem limfatik).

5.  Hiperhidrosis idiopatik
Hiperhidrosis idiopatik adalah suatu kondisi kronis yang mana tubuh menghasilkan terlalu banyak keringat tanpa sebab medis yang dapat diidentifikasi.

6. Penyakit lain
Penyakit seperti anemia, tekanan darah rendah, epilepsi, dan hipotiroidisme juga dapat menyebabkan keringat dingin.

7.  Gangguan tidur
Gangguan tidur seperti sleep apnea dapat menyebabkan keringat dingin ketika tidur dan disertai dengan gangguan pernapasan.

8.  Obat-obatan
Alkohol, obat antidepresan, obat demam, pil KB, aspirin, niasin, acetaminophen dapat memicu terjadinya keringat dingin saat tidur. Pada pria, keringat dingin bisa terjadi karena pemberian obat sildenafil.


Topik Terkait:
,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>