Junk Food Pemicu Kematian dan Tak Bebas Lagi Dijual

Junk Food Pemicu Kematian dan Tak Bebas Lagi DijualLebih dari 40.000 penduduk Inggris meninggal tiap tahunnya akibat konsumsi makanan cepat saji dengan kadar garam yang tinggi. Gara-gara itu departemen kesehatan  Inggris membuat aturan main penjualan makanan cepat saji alias junk food. Seperti dikutip dari Telegraph, Selasa (22/6/2010), The National Institute for Health and Clinical Excellence (Nice) mengatakan bahwa makanan yang tidak sehat telah membuka ‘gerbang yang luas bagi penyakit’ pada masyarakat.

Untuk pertama kalinya, organisasi menerbitkan pedoman dasar mengenai cara mencegah ‘jumlah kematian besar yang tidak semestinya’ akibat serangan jantung karena konsumsi makanan siap saji. Nice mengatakan ‘racun’ lemak buatan dikenal sebagai lemak trans, yang tidak memiliki kandungan nutrisi dan terkait pada serangan jantung harus dimusnahkan. Nice bilang ada sekitar 5 juta orang di negara tersebut yang menderita gangguan kardiovaskular (jantung dan stroke) dan hal ini menyebabkan 150.000 kematian tiap tahunnya.

Departemen Kesehatan membahas tentang junk food:

1. Makanan dengan kadar garam dan lemak yang rendah harus lebih murah daripada makanan lain yang tidak sehat, melalui penggunaan subsidi bila diperlukan.
2. Iklan makanan tidak sehat harus dilarang sampai setelah jam 9 malam dan rancangan perundang-undangan harus digunakan untuk mengurangi jumlah outlet makan siap saji, khususnya di dekat sekolah-sekolah.
3. Kebijakan agrikultur umum harus lebih fokus pada kesehatan masyarakat, menjamin para petani dan membayar produksi makanan yang lebih sehat.
4. Tindakan tersebut juga harus dilakukan untuk mengenalkan ‘rambu-rambu’ dalam sistem pelabelan makanan, walaupun parlemen Eropa baru-baru ini mengatakan bahwa tidak menyetujui hal ini.
5. Pemilik lokal harus bertindak untuk mendorong pendauran ulang dan sektor umum restauran harus menyediakan makanan yang sehat.
6. Semua industri makanan dan minuman yang melobi pemerintah dan segala perwakilannya harus ditutup.

Pedoman ini bisa membantu pemerintah dan industri makanan untuk mengambil tindakan dalam aksi pencegahan jumlah besar kematian yang tiadak semestinya dan segalapenyakit yang disebabkan oleh serangan jantung dan stroke. Nice mengungkapkan bahwa anak-anak harus menkonsumsi kadar garam yang lebih rendah dibandingkan orang dewasa terutama muatan garam dalam makanan siap saji seperti roti, sereal, sup, daging dan produk keju.