Penyakit Cacing Gelang (Ascaris lumbricoides)

Penyakit Cacing Gelang (Ascaris lumbricoides)Hampir semua orang pernah cacingan, namun pernahkah menghitung kerugian yang ditimbulkan? Secara nasional, nutrisi yang hilang dicuri oleh parasit tersebut ternyata mencapai ratusan miliar tepatnya Rp 177,5 miliar per tahun. Itu baru untuk cacing gelang. Perkiraan tersebut disampaikan oleh Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P(K).

Prof Tjandra Yoga memperkirakannya berdasarkan survei tahun 1986-1991, yang menunjukkan bahwa tingkat kejadian cacingan pada anak SD mencapai 60-80 persen. Sekitar 21 persen di antaranya disebabkan oleh cacing gelang (Ascaris lumbricoides). Di dalam tubuh manusia, seekor cacing gelang sanggup mencuri nutrisi sebanyak 0,14 gram karbohidrat dan 0,035 gram protein dalam sehari. Sementara penderita cacingan rata-rata memiliki 6 ekor cacing gelang di perutnya.  Dengan perkiraan jumlah penduduk 220 juta jiwa dan konsumsi harian karbohidrat Rp 5.000/gram dan protein Rp 50.000 /gram,

Cacing gelang merupakan 1 dari 3 jenis cacing parasit yang direkomendasikan oleh WHO untuk ditanggulangi. Jenis lainnya adalah cacing tambang (Ankylostoma duodenale dan Necator americanus) dan cacing cambuk (Trichuris trichuria).