Wangi Bunga Melati Sama Ampuhnya Dengan Obat Penenang

Wangi Bunga Melati  Sama Ampuhnya Dengan Obat PenenangApabila anda sedang merasa gelisah, cobalah untuk beranjak pergi ke taman bunga. Semerbak wangi bunga melati punya meredakan ketegangan, sama ampuhnya dengan obat penenang seperti valium. Efek ini ditemukan ketika para peneliti menguji sekelompok tikus di dalam kandang. Tak lama setelah kandangnya disemprot wewangian, tikus-tikus itu menghentikan aktivitasnya kemudian berdiam diri di sudut kandang. Efek tersebut sebenarnya dimunculkan oleh GABA. Senyawa terebut secara alami ada di otak, berfungsi untuk meredakan kegelisakan.

Eksperimen tersebut membuktikan, efek GABA akan meningkat ketika menghirup wewangian. Dari ratusan jenis wewangian yang dicoba, wangi melati paling efektif karena mampu meningkatkannya hingga 5 kali lipat atau setara dengan obat penenang. Penelitian ini juga sekaligus memberikan dasar ilmiah bagi terapi aroma. Ketika dihirup, molekul-molekul wewangian membawa sinyal-sinyal tertentu ke bagian otak yang mengatur syaraf dan emosi yakni sistem limbik. Terapi yang menggunakan wewangian untuk berbagai tujuan kesehatan  ini cukup populer, dan telah digunakan sejak zaman Mesir kuno.


Topik Terkait:
, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>