Kebiasaan Buruk yang Bisa Memicu Sakit Pinggung

Kebiasaan Buruk yang Bisa Memicu Sakit PinggungSakit punggung adalah suatu kondisi yang bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman. Tapi ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa memicu kondisi itu. Ini dia kebiasaan buruk pemicu sakit punggung. Penyebab dari sakit punggung bisa berasal dari berbagai hal seperti infeksi, trauma, kelainan bawaan atau penyakit degeneratif. Tapi beberapa situasi bisa menciptakan rasa sakit ini yang kebanyakan merupakan kebiasaan sehari-hari dan dilakukan dari waktu ke waktu.

Ada sepuluh kebiasaan buruk yang bisa memicu sakit punggung, yaitu:

1. Terlalu lama duduk
Posisi duduk memberikan tekanan 40 persen lebih besar pada tulang belakang dibandingkan posisi berdiri. Seseorang biasanya mempertahankan posisi duduknya jika sedang sibuk bekerja sehingga tidak bisa beristirahat atau melakukan peregangan.

2. Tidak melakukan yoga
Dengan meningkatkan sirkulasi dan menurunkan stres, maka bisa membantu memulihkan nyeri termasuk nyeri punggung. Selain itu dengan yoga bisa membantu bernapas lebih panjang dan relaksasi, serta peregangan dan kekuatan.

3. Mengemudi dalam perjalanan panjang
Sama seperti duduk, mengemudi terlalu lama bisa memberikan tekanan pada otot-otot dada dan bahu. Karena itu sakit punggung bisa menjadi keluhan utama dari seseorang yang sering melakukan perjalanan panjang.

4. Sering membawa tas yang berat
Ketika seseorang membawa tas yang berat, maka bahu akan menjadi tidak seimbang dan membuat tulang belakang menjadi tidak beraturan.

5. Tidak mengonsumsi makanan yang sehat
Penelitian menunjukkan kebiasaan makan yang sehat juga bisa memberikan perlindungan terhadap punggung. Orang yang sakit punggung cenderung memiliki arteri tersumbat untuk tulang belakangnya,

6. Tidak pernah mengganti kasur yang digunakan
Sebuah kasur hanya akan berfungsi dengan baik selama 9-10 tahun, karena itu jika kasur tidak pernah diganti akan membuat seseorang bangun tidur dengan rasa sakit di punggungnya.

7. Sering memendam perasaan marah
Peneliti dari Duke University Medical Center mengamati bahwa seseorang yang mengalami sakit punggung kronis lebih sering memendam kemarahan,

8. Menggunakan sepatu hak tinggi untuk waktu lama
Sepatu dengan hak tinggi memaksa seseorang untuk melengkungkan punggungnya dan membuat otot-otot tulang belakang bekerja lebih keras.

9. Sering mengkerutak punggung
Jika seseorang merasa pegal, seringkali membunyikan atau mengkerutak punggungnya. Hal ini tidak bisa menstabilkan otot, melainkan berkontribusi terhadap rasa nyeri dan juga ketidakseimbangan pusat atau poros tengah.

10. Terlalu lama menonton televisi
Dalam sebuah studi yang dilakukan peneliti Norwegia didapatkan orang yang duduk di depan teelvisi atau komputer selama 15 jam atau lebih dalam seminggu, memiliki kemungkinan 3 kali lipat lebih besar mengalami sakit punggung dan pinggang. Hal ini disebabkan orang tersebut duduk dengan posisi membungkuk selama berjam-jam.