Punya Pinggung Besar Bermanfaat Buat Kesehatan Jantung

Punya Pinggung Besar Bermanfaat Buat Kesehatan JantungPunya pinggul besar memudahkan proses persalinan dan bermanfaat buat kesehatan jantung. Tapi di balik manfaatnya, sebuah studi menunjukkan pemilik pinggul besar lebih sering tergganggu kemampuan memorinya. Peneliti mengungkapkan bentuk tubuh perempuan dapat mempengaruhi seberapa baik memori ingatannya. Selama ini ditengarai orang yang memiliki kelebihan berat badan akan mudah terganggu memori. Tapi jika orang tersebut memiliki ukuran pinggul yang besar maka akan semakin memperburuk memorinya.

Perempuan bertubuh ‘apel’ (pinggang dan pinggul besar) memiliki hasil kognitif yang lebih baik dibandingkan dengan perempuan bertubuh ‘pir’ (pinggang kecil, pinggul besar). Hal ini menunjukkan ukuran pinggul dari seseorang mempengaruhi kemampuan kognitifnya. Hasil penelitian yang dilaporkan dalam Journal of the American Geriatrics Society ini menyoroti tentang pentingnya menjaga berat badan yang sehat bagi tubuh dan juga pikiran seseorang.

Peneliti percaya bahwa lemak yang menumpuk di perut akan membuat hormon perempuan estrogen juga menurun, padahal secara alami kondisi ini baru terjadi setelah seseorang mengalami menopause. Hormon estrogen dalam tubuh bisa membantu melindungi otak dari penurunan kemampuan kognitif yang berhubungan dengan memori. Jenis lemak yang terdapat di dalam tubuh bermacam-macam dan memiliki efek yang berbeda-beda. Jenis lemak tertentu ada yang mempengaruhi resistensi insulin, lipid dan juga tekanan darah.