Ayam Memiliki Kandungan Air Baik untuk Daya Pikir

Ayam Memiliki Kandungan Air Baik untuk Daya PikirAyam memiliki kandungan air, protein, kalsium, fosfor dan zat besi. Ternyata kandungan protein dalam ayam berupa asam amino bisa berkhasiat untuk mengoptimalkan daya pikir. Bagian ayam yang banyak mengandung protein umumnya adalah telur dan dagingnya. Namun, daging ayam yang direbus kemudian diambil saripatinya dengan proses khusus baik untuk mengoptimalkan daya pikir seseorang. “Asam amino yang baik untuk otak terdapat dalam protein hewani. Ayam salah satu sumber yang banyak mengandung asam amino hewani,” kata Dr. Philip Tsang,

Protein yang terkandung dalam ayam mengandung asam amino hewani. Dalam asam amino terkandung karnosin yaitu nutrisi alami yang terdapat dalam makhluk hidup kecuali tumbuh-tumbuhan. Karnosin ini berfungsi sebagai antioksidan dan sebagai penghubung sel otak dalam berkomunikasi. Sebenarnya otak manusia juga memiliki karnosin. Namun, seiring dengan waktu, seseorang yang kelelahan atau mengalami stres karena aktivitas sehari-hari akan mengalami penurunan jumlah karnosin. Sehingga mempengaruhi aktivitas neurotransmitter dalam syaraf. Hal inilah yang mempengaruhi performa daya pikir seseorang.

Hal ini diperkuat dengan paparan hasil penelitian yang dikemukakan Dr. Tsang. Dari penelitian tersebut terdapat dua kelompok. Satu kelompok mengonsumsi saripati ayam, satu kelompok lainnya mengkonsumsi plasebo (tanpa kandungan) selama 1 minggu. Di hari ke-7, para koresponden mengikuti sejumlah tes yang terdiri dari tes daya pikir dan mood psikologi. Didapatkan hasil bahwa kelompok pengonsumsi saripati ayam mempunyai tingkat kesalahan lebih rendah baik dalam tes aritmatika maupun tes daya ingat dibanding kelompok pengkonsumsi plasebo.