Gelombang Panas Yang Sangat Membahayakan Bagi Kesehatan

Gelombang Panas Yang Sangat Membahayakan Bagi KesehatanSaat musim panas seperti ini beberapa negara di kawasan utara dan barat banyak yang mengalami gelombang panas. Gelombang panas dan perubahan iklim yang esktrem ini bisa berbahaya bagi manusia hingga menyebabkan kematian. Gelombang panas adalah cuaca yang terlalu panas dan terjadi secara berkepanjangan, biasanya disertai dengan kelembaban tinggi. Suhunya di atas 35 deajat celsius bahkan beberapa negara pernah mengalami hingga 40 derajat celsius.

Jika suhu panasnya terlalu ekstrem maka tubuh akan mengalami reaksi kelelahan yang ditandai dengan gejala pusing, sakit kepala bahkan mengalami pingsan. jika kondisinya sangat parah bisa menyebabkan seseorang mengalami stroke panas yang memerlukan penanganan medis lebih lanjut. Ketika gelombang panas ini terjadi secara berkelanjutan, maka konsekuensi kesehatan lain bisa lebih serius seperti sunstroke bahkan kegagalan organ tubuh utama.

Ketika tubuh seseorang terkena udara panas dalam jangka waktu yang lama, maka kondisi ini akan menghalangi kemampuan tubuh untuk berkeringat. Hal ini disebabkan keringat dikeringkan oleh udara akibat adanya efek pendinginan pada tubuh. Jika seseorang berhenti berkeringat, maka dalam jangka waktu yang pendek seseorang akan mengalami perpindahan dari kelelahan panas (heat exhaustion) menjadi stroke panas. Dalam proses transisi ini biasanya diawali dengan keluar banyak keringat, lalu tubuh akan berhenti berkeringat dan merasa panas. Hingga akhirnya kondisi ini akan mempengaruhi otak yang ditandai dengan tiba-tiba merasa bingung dan bisa kehilangan kesadaran.