Beberapa Makanan Untuk Tulang Sehat

Beberapa Makanan Untuk Tulang SehatSeiring bertambahnya usia seseorang, tulangpun mulai tua dan rapuh. Namun hal ini tidak bisa dicegah, tak ada satupun obat atau bahan kimia yang dapat menjaga dan membuat tulang tak menjadi tua.  Menjadi tua bukan berarti kita harus membiarkan dan tak merawat kesehatan tulang kita, kita masih harus menjaganya. Kita juga bisa membuat tulang tetap awet muda dan sehat, setidaknya tak terlalu mudah rapuh sekalipun kita menginjak usia senja kelak.

Ada beberapa makanan yang memiliki gizi dan nutrisi terbaik untuk tulang:

Yogurt dan Keju
Produk susu lain yang tak kalah hebatnya adalah yogurt dan keju. Kalsium yang dikandung yogurt dan keju cukup tinggi lho. Dalam 245 gram yogurt hampir 50 persen nya adalah kalsium, sedangkan 40 gram keju dapat mencukupi kebutuhan kalsium harian.

Susu
Kalsium adalah nutrisi utama yang paling dibutuhkan oleh tulang. Orang dewasa yang berusia di atas 50 tahun rata-rata membutuhkan 1000 mg kalsium per hari, sedangkan 50 tahun ke bawah membutuhkan 1200 mg kalsium per harinya (sumber WebMD). Dan tentu saja seperti kebanyakan orang tahu, susu adalah sumber kalsium utama yang wajib hadir setiap hari di dalam menu sehari-hari kita. Setiap 35 gram susu, mengandung kurang lebih 510 mg kalsium (baik skim maupun low-fat).

Ikan Lemuru
Tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya ikan sarden kalengan yang biasa kita makan sehari-hari sebenarnya adalah ikan lemuru, nama lengkapnya Sardinella lemuru. Kandungan kalsium di dalam ikan lemuru tak dapat diremehkan, ikan kecil yang lezat ini membantu tulang mendapatkan asupan nutrisinya.

Produk Kedelai (tahu dan tempe)
Tahu dan tempe adalah makanan sederhana yang dinikmati semua orang. Dibuat dari bahan dasar kedelai, tahu dan tempe menyajikan rasa yang sangat nikmat dan sedap. Dalam 100 gram kedelai, 28%-nya atau 277 mg-nya adalah kalsium.


Topik Terkait:
,

2 Comments

  1. cara mengatasi nyeri tulang belakang. gejala nyeri yang sangat dahsyat ?

  2. mengatasi nyeri tulang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>