Tips Perawatan Organ Pencernaan

Tips Perawatan Organ PencernaanKetika usia merangkak naik, produksi hormon tertentu menjadi berkurang sehingga proses pencernaan berlangsung lambat. Risiko mengalami sembelit juga lebih besar. Pola makan yang tinggi lemak dan rendah serat, serta kurang minum air putih membuat kondisi ini menjadi semakin parah.

Ada beberapa tips perawatan pencernaan sebagai berikut:

Colon hydrotherapy
Dengan 10 galon air yang sudah disterilkan, colon hydrotherapy dapat melunakkan dan mengeluarkan sisa-sisa kotoran dan racun yang tertinggal dalam usus. Keuntungan lain terapi ini adalah mendorong hati mengeluarkan lebih banyak racun, sehingga hati jadi lebih bersih dan sehat. Agar saluran cerna tetap sehat, kita dianjurkan melakukan terapi ini 1-2 kali setahun.

Hindari kopi
Kafein di dalam kopi bisa merangsang produksi asam lambung. Minuman lain yang perlu dihindari adalah alkohol, soda, dan yang terlalu banyak mengandung cokelat.

Minum teh hijau
Kandungan polifenol dalam teh hijau mencegah kanker saluran cerna. Hasil penelitian Harvard Medical School ini dimuat di Digetive Disease Week. Minumlah 2 cangkir teh hijau setiap hari, imbangi dengan air putih yang cukup.

Perbanyak fitoestrogen
Fitoestrogen adalah senyawa di dalam makanan yang mirip dengan estrogen. Menurut Larrian Gillespie, MD, fitoestrogen dapat menggantikan fungsi estrogen yang kadarnya sudah berkurang.