Misteri Cara Bergeraknya Sperma

Misteri Cara Bergeraknya SpermaSalah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kesuburan seorang laki-laki adalah bagaimana kualitas pergerakan dari sperma. Kini misteri sperma bergerak telah berhasil dipecahkan oleh peneliti. Ilmuwan dari Inggris berhasil membongkar salah satu misteri lama mengenai kesuburan manusia yaitu tentang bagaimana sperma bergerak. Sebelumnya selama lebih dari 40 tahun peneliti telah mengetahui bahwa sel sperma dalam satu tetes cairan cenderung berkumpul pada jarak tertentu dari permukaan.

Kini matematikawan telah mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Peneliti mengungkapkan bahwa berbagai faktor bekerja sama untuk membuat sperma dapat bergerak. Hal yang pertama adalah gaya dinamis dari fluida yang rendah akan menarik sel sperma ke arah permukaan. Lalu ekor sperma akan cenderung lebih mendekati permukaan dibandingkan dengan kepala sperma, hal inilah yang membuat sperma bisa berenang jauh.

Faktor lainnya yang berpengaruh adalah gerakan meronta-ronta dari ekor sperma atau disebut dengan flagela, gerakan ini akan membuat sperma terlempar sehingga terlihat seperti berenang. Sperma ini akan berenang menuju sel telur yang dihasilkan oleh seorang perempuan. Ketika peneliti menstimulasikan efek ini untuk jangka waktu yang lama, maka didapatkan bahwa lintasan renang sperma selalu cenderung ke arah tertentu dan memiliki jarak yang terbatas.


Topik Terkait:
,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>