Efek Negatif Stres Terhadap Kesehatan Rongga Mulut

Efek Negatif Stres Terhadap Kesehatan Rongga MulutStres menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Bukan hanya memicu sakit kepala atau memperparah penyakit, stres juga menjadi salah satu pemicu gangguan kesehatan rongga mulut. Stres adalah suatu reaksi psikologis dan fisiologis atas perubahan situasi yang tidak dapat diterimanya.

Berikut adalah sejumlah efek negatif stres terhadap kesehatan rongga mulut:

Mulut terluka.
Luka yang timbul akibat stres biasanya berupa bisul kecil yang berkembang di dalam mulut. Meski sering dikaitkan dengan gangguan sistem kekebalan tubuh, penelitian menunjukkan bahwa luka di dalam rongga mulut juga bisa dipicu tekanan emosi tinggi dan kelelahan.

Peningkatan kekebalan tubuh.
Tingkat kekebalan tubuh cenderung menurun saat stres atau depresi. Kondisi ini memungkinkan perkembangbiakan bakteri di dalam mulut makin subur.

Plak gigi.
Penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi bisa meningkatkan pembentukan plak gigi. Hal ini terjadi karena aliran saliva atau air liur berkurang saat stres melanda.

Bruxism.
Gejala bruxism atau pengasahan gigi. Kondisi ini biasanya muncul atau menjadi parah akibat stres. Sekilas memang tampak bukan masalah serius, tapi pengasahan gigi yang berulang dalam waktu yang lama sangat berpotensi merusak dan menimbulkan masalah gigi.