Minuman Berenergi Memicu Terjadinya Erosi Gigi

Minuman Berenergi Memicu Terjadinya Erosi GigiMinuman ringan dan minuman berenergi ternyata bisa memicu terjadinya erosi gigi. Penelitian di Australia mengungkap, tengah terjadi epidemi erosi gigi di kalangan remaja Australia akibat konsumsi minuman berenergi. Penelitian yang dilakukan di sekolah-sekolah Australia bahwa 68 persen siswa memiliki paling sedikit satu gigi yang menunjukkan tanda-tanda erosi. Minuman ringan dan minuman berenergi diduga sebagai penyebab utama terjadinya erosi pada gigi karena tingginya tingkat keasaman.

Dia mengatakan, studi baru-baru ini yang dilakukan dengan pilihan kelompok konsumen menemukan bahwa minuman berenergi populer yang beredar di Australia seperti Red Bull dan V memiliki kadar asam lebih tinggi daripada kebanyakan minuman soda lainnya. Minuman energi merupakan kategori produk yang paling cepat berkembang di pasar minuman dengan peningkatan penjualan hampir 20 persen tahun ini.

Sebuah studi pemerintah di Victoria juga menemukan bahwa sekitar 80 persen siswa berusia 12-17 tahun telah teratur mengkonsumsi minuman ringan bergula. Sepuluh persen dari mereka mengonsumsi tiga kaleng minuman mengandung gula tinggi seperti minuman ringan setiap hari.