Para Lansia Lebih semangat Berpuasa Dibandingkan Mereka yang Diwajibkan

Para Lansia Lebih semangat Berpuasa Dibandingkan Mereka yang DiwajibkanPuasa Ramadhan sebenarnya tidak diwajibkan bagi orang-orang yang telah lanjut usia (lansia), namun dorongan kuat untuk memperbaiki diri dan meningkatkan ketakwaan kepada Sang Pencipta justru seringkali membuat para lansia lebih bersemangat menunaikan ibadah puasa dibandingkan mereka yang diwajibkan. Dr. dr. Siti Setiati SpPD, K Ger MEpid mengatakan 91 persen lansia ingin berpuasa Ramadhan tahun ini dan hanya 9 persen yang menyatakan tidak akan berpuasa. “Dari 91 persen lansia yang ingin berpuasa, 80 persennya yakin bisa berpuasa sebulan penuh. Ini menurut hasil survei yang dilakukan di RSCM pada 2007 terhadap lansia berumur antara 64 tahun hingga 83 tahun,” katanya.

Padahal, menurut dia, tidak seperti penduduk dengan usia yang lebih muda, organ tubuh lansia telah mengalami berbagai penurunan fungsi. Dokter Siti menjelaskan, saat memasuki usia lansia kemampuan tubuh untuk menyerap asupan nutrisi dan cairan menurun sehingga metabolisme tubuh terganggu. Pada masa itu, ia melanjutkan, jumlah cairan tubuh manusia menurun dari 60% menjadi 45-50% sementara sensasi rasa haus lebih rendah dari sebelumnya sehingga asupan cairan menurun dan berisiko mengakibatkan dehidrasi atau kekurangan cairan. Nafsu makan lansia, menurut dr. Siti, pun umumnya menurun karena faktor sosial, psikologis dan penyakit sehingga status nutrisinya terganggu.


Topik Terkait:
, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>