Cara Makan Sesuai Kebutuhan Tubuh

Cara Makan Sesuai Kebutuhan TubuhMengendalikan bobot tubuh memang susah-susah gampang. Bagi sebagian orang, sepertinya kurang praktis bila musti hitung-hitungan kalori setiap kali hendak mengunyah makanan. Mereka biasanya menjadikan celana sebagai patokan. Jika celana sudah terasa sesak, maka asupan kalori makanan sudah mulai harus diatur. Tapi, ada juga orang-orang yang menginginkan pengurangan berat badan dengan menghitung kalori. Banyak yang bisa menurunkan berat badan dengan diet harian dengan makan makanan yang mengandung 1.500 kalori. Tapi, bila ingin mendapat pengurangan berat badan yang lebih presisi, ada cara sederhana untuk menghitung jumlah kalori.

Rumusnya:

Berat badan Anda (kg) x  2,2 (pound/kg) x 12 = kalori yang dibutuhkan (kal) Misalnya berat badan Anda 50 kg. Maka kalori yang dibutuhkan tubuh Anda adalah 50 x 2,2 x 12 = 1320 kalori

Untuk menurunkan berat badan Anda sebesar 1 pound atau 0,453 kg setiap pekan, maka Anda perlu mengurangi 500 kalori per hari. Sementara untuk menurunkan berat badan sebesar 2 pound atau 0,9 kg setiap pekan, maka Anda musti mengurangi 1000 kalori per hari. Tapi menurut ahli diet dari Nutrition Communication from the Friedman School of Nutrition Science and Policy at Tufts University, Wright Brierley, M.S., R.D pengurangan berat badan sebaiknya tidak lebih dari target pengurangan 1200 kalori per hari atau 2 kg per minggu.