Wanita Lebih Sering Mengalami Sakit Kronis Dibanding Pria

Wanita Lebih Sering Mengalami Sakit Kronis Dibanding PriaWanita mengalami rasa sakit kronis lebih lama dan lebih sering dibanding pria. Wanita bahkan bisa mengalami beberapa kondisi kesakitan secara bersamaan pada sekali waktu. “Hal ini bisa memicu munculnya stres berlebih dan rasa tidak mampu,” ujar Dr Jennifer Kelly memperingatkan. “Rasa sakit kronis menyerang lebih banyak wanita dibanding pria di belahan dunia manapun,” tambahnya. Oleh sebab itu, wanita perlu lebih aktif lagi untuk melakukan perawatan dan mengurangi stigma serta rasa malu akibat isu tersebut.” Dr Kelly dari Atlanta Centre for Behavioural Medicine di Amerika mengatakan, wanita cenderung merasakan sakit karena mereka memiliki respon emosional lebih besar daripada pria.

Sebuah rasa sakit dianggap kronis ketika berlangsung hingga 6 bulan atau lebih lama, dan saat berbagai pengobatan yang dicoba tak menunjukkan perubahan yang berarti. Kondisi sakit kronis yang umumnya menyerang wanita dibanding pria antara lain seperti sindrom iritasi lambung, reumatik, dan migrain. Dr Kelly mengemukakan hormon mungkin menjadi biang keladi mengapa ada perbedaan tersebut, dan estrogen jelas memainkan peranan penting dalam gangguan seperti migrain. Angka dari kondisi kesakitan ini meningkat ketika remaja puteri mengalami pubertas pertamanya, sedangkan remaja pria cenderung tetap stabil pada masa itu.


Topik Terkait:
,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>