Obat Jerawat Dapat Memicu Efek Samping

Obat Jerawat Dapat Memicu Efek SampingKetika obat lain sudah tidak mempan lagi, isotretinoin sering menjadi senjata pamungkas untuk mengatasi jerawat batu. Namun pada beberapa remaja, obat ini dilaporkan dapat memicu efek samping berupa radang usus. Penyakit radang usus (inflammatory bowel disease) yang muncul selama mengkonsumsi obat jerawat sebenarnya sangat jarang terjadi. Namun beberapa remaja di Amerika dilaporkan mengalami hal itu setelah mendapat pengobatan dengan tablet isotretinoin untuk mengatasi jerawat batu. Jenis radang usus yang dialami pada umumnya adalah Crohn’s Disease, penyebab berbagai masalah pencernaan seperti nyeri di sekitar perut, diare yang sangat berat hingga kurang gizi. Crohn’s Disease bisa diatasi dengan obat-obat antiradang, namun untuk kondisi yang sudah parah usus harus dibedah.

Dalam sebuah publikasi di American Journal of Gastroenterology, sejumlah peneliti menduga efek samping ini juga berkaitan dengan penggunaan antibiotik sebelumnya. Sebab pada jerawat batu, umumnya pasien telah mendapat antibiotik selama berbulan-bulan sebelum diberi isotretinoin. Dugaan tersebut ternyata tidak meleset. Dalam pengamatan terhadap 94.000 remaja berjerawat, risiko radang usus setelah mendapatkan antibiotik turunan tetrasiklin meningkat 0,26 persen, doxycycline 0,21 persen, minocycline 0,17 persen sementara yang belum pernah mendapat antibiotik hanya 0,14 persen.


Topik Terkait:
,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>