Jenis Nutrisi yang Meningkatkan Kadar Testosteron

Jenis Nutrisi yang Meningkatkan Kadar TestosteronTestosteron merupakan salah satu hormon yang penting dalam tubuh manusia, terutama laki-laki. Hormon ini cenderung mengalami penurunan seiring usia. Untungnya, hal ini dapat dihindari, karena kadar hormon dipengaruhi sebagian besar oleh makana. Testosteron atau sering disebut hormon pria merupakan salah satu hormon utama yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan otot, libido (kesehatan seksual dan suasana hati), serta untuk organ secara keseluruhan dan kesehatan tulang.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar testosteron, tapi beberapa makanan ini mungkin menjadi pantangan pada orang dengan kondisi tertentu, seperti penyakit jantung, diabetes dan obesitas.

Berikut beberapa jenis nutrisi yang dapat meningkatkan kadar testosteron:

Bawang putih.
Semua hormon dalam tubuh secara langsung diatur satu sama lain. Oleh karena itu, penurunan testosteron seringkali merupakan respon dari pergeseran kadar hormon lainnya. Salah satu hormon yang bertanggung jawab atas tingkat testosteron dalam tubuh adalah kortisol.

Daging merah.
Daging merah seperti daging sapi dan kambing telah terbukti untuk meningkatkan tingkat testosteron. Kekurangan seng adalah alasan utama untuk testosteron rendah, sehingga konsentrasi tinggi seng yang ditemukan dalam daging merah sangat bermanfaat.

Brokoli.
Hormon lain yang lebih jelas terkait dengan testosteron adalah estrogen. Kadar esterogen yang tinggi dalam tubuh dapat menurunkan testosteron.

Minyak kelapa.
Minyak kelapa terdiri Medium Chain Triglycerides atau MCT. Mekanisme ini memungkinkan tubuh untuk menyerap minyak kelapa guna mencegah penyimpanan sebagai lemak, bahkan mendorong penghilangan lemak dalam tubuh.