Sesudah Makan Jangan langsung Sikat Gigi

Sesudah Makan Jangan langsung Sikat GigiBanyak orang yang beranggapan bahwa sikat gigi dilakukan langsung setelah makan. Hal tersebut tidaklah benar, karena sikat gigi yang benar adalah 20 menit setelah makan. “Memang sebaiknya sikat gigi setiap kali setelah makan agar bakteri-bakteri tidak berkembang di mulut. Tapi sikat gigi yang benar adalah 20 menit setelah makan,” ujar Prof DR drg Melanie S. Djamil, Mbiomed, pakar kesehatan gigi dan mulut, dalam acara temu media ’8 Aksi Perlindungan Gigi dan Mulut.

Prof Melanie menjelaskan, di dalam mulut terdapat saliva (air ludah) yang bersifat buffer effect (penyeimbang). Saat makan, pH normal saliva yang semula 6,8 akan turun hingga mencapai pH kritis, yaitu 4. Bila setelah makan langsung sikat gigi, maka struktur alami saliva tersebut akan rusak dan mempengaruhi fungsinya terhadap proses pencernaan.


Topik Terkait:
,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>