Badan Gemuk Bikin Orang Kurang Produktif Karena Rokok

Badan Gemuk Bikin Orang Kurang Produktif Karena RokokBeberapa anggota polisi bertubuh gemuk dipaksa untuk melakukan latihan fisik guna mendapatkan tubuh ideal agar lebih siaga. Dan memang menurut studi, orang yang bertubuh gemuk dan merokok kurang produktif. Selain berbahaya bagi kesehatan tubuh, obesitas atau kegemukan juga membuat orang lebih sulit untuk melakukan pekerjaan. Menurut studi terbaru, pekerja yang gemuk akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk sakit ketimbang rekan-rekannya yang lebih ramping. Hal ini membuatnya menjadi kurang produktif.

Peneliti di Belanda mempelajari hal ini dengan menganalisa 10.674 pekerja di 49 perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, seperti administrasi, industri manuafaktur dan konstruksi. Hasilnya, dibandingkan dengan rekan kerja yang memiliki berat badan normal, pekerja obesitas dalam penelitian ini 66 persen lebih banyak izin karena mengalami sakit dan masalah kesehatan, yaitu rata-rata selama 10 hingga 24 hari kerja. Saat sedang bekerja pun pekerja obesitas 30 persen kurang poduktif ketimbang pekerja dengan berat badan normal.

Selain obesitas, merokok juga dikaitkan dengan hilangnya produktivitas pekerja. Perokok 10 sampai 24 persen lebih banyak mengambil cuti karena sakit. Bahkan, menurut jurnal Occupational and Environmental Medicine, perokok lebih tidak produktif ketimbang pekerja obesitas. Hasil studi ini memang masuk akal, mengingat berbagai masalah kesehatan berhubungan langsung dengan obesitas dan merokok.