Kekurangan Zinc Bisa Menyebabkan Lebihnya Kadar Gula Darah

Kekurangan Zinc Bisa Menyebabkan Lebihnya Kadar Gula DarahZinc merupakan mineral penting yang diperlukan tubuh agar tetap sehat. Tanpa zinc, semua fungsi organ tubuh bisa kacau. Kekurangan zinc bisa menyebabkan labilnya kadar gula darah, melambatnya metabolisme tubuh, dan melemahnya kemampuan indera mencium dan merasa.

Bagaimana bila tubuh kekurangan zinc?
Kekurangan zinc biasanya jarang terjadi, hal ini disebabkan umumnya tubuh tidak menyimpan cadangan mineral), namun Anda dinyatakan kekurangan zinc bila mengalami gejala-gejala seperti kehilangan nafsu makan, sistem imun melemah, rambut rontok, diare, impotensi,

Siapa saja yang beresiko kekurangan zinc?

Para vegetarian, karena zinc rata-rata ditemukan pada makanan daging. Jadi, para vegetarian dianjurkan menambah asupan zinc 50% lebih banyak daripada non-vegetarian. Penderita sariawan, ginjal kronis, gangguan usus besar juga memiliki kesulitan untuk menyerap dan mempertahankan mineral ini dari makanan yang dikonsumsi.

Peran lainnya…
Salah satu berita baik bagi kaum wanita tentang manfaat mineral satu ini adalah zinc bisa mencegah timbulnya jerawat, Alzheimer, epilepsi, dan psoriasis (penyakit kulit kronis).

Sumber zinc.
Karena tubuh tak bisa memproduksi sendiri mineral satu ini, maka penting sekali bagi Anda untuk menyertakan makanan kaya zinc dalam menu harian. Beberapa makanan kaya zinc antara lain seperti tiram, kepiting, daging sapi, kuaci, udang, jamur, dan bayam.

Tips agar penyerapan zinc maksimal.
Kurangi konsumsi alkohol dan kopi, keduanya memicu tubuh untuk sering buang air kecil. Semakin sering Anda buang air kecil, semakin banyak zinc yang keluar. Jangan masak makanan terlalu matang, terutama buncis. Kurangi konsumsi makanan kemasan, sebab lebih dari 75% mineral hilang saat makanan diproses. Konsumsi daging tak berlemak.