Artritis Reumatoid Bisa Menyebabkan Cacat

JArtritis Reumatoid Bisa Menyebabkan Cacatangan sepelekan rasa nyeri pada persendian yang disertai bengkak, merah, sakit jika digerakkan dan sudah berlangsung lebih dari 6 minggu. Bisa jadi hal itu adalah gejala Artritis Reumatoid (AR). Bila tidak segera ditangani, AR bisa menyebabkan kecacatan. Artritis reumatoid sebenarnya berbeda dengan penyakit rematik. Penyakit ini merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan sendi kronik. Rematik akibat peradangan ini sampai sekarang tidak diketahui penyebabnya.

Sampai saat ini, para ahli masih terus mencari apa penyebab penyakit yang bisa menimbulkan kecacatan ini. “Yang pasti penyakit ini tidak ada hubungannya dengan makanan tertentu, seperti pada penyakit gout (asam urat),” kata Harry. Penyakit AR tidak bisa dianggap remeh karena bisa merusak tulang rawan, tulang, tendon dan ligamen sendi yang terkena. Penderita penyakit AR juga sering mengalami deformasi sendi sehingga kehilangan mobilitasnya. Di Indonesia, jumlah penderita AR diperkirakan sekitar 0,1-0,3 persen dari jumlah penduduk dan lebih banyak menyerang orang dewasa dan wanita.

Gejala utama penyakit ini selain bengkak dan kemerahan adalah nyeri pada banyak sendi. “Kebanyakan sendi yang diserang simetris atau kiri kanan. Misalkan pundak kiri dan kanan atau kedua bagian tangan,” papar Harry. Ciri khas lainnya adalah adanya benjolan-benjolan (nodul rematik) serta rasa kelelahan. Meski jumlah penderita AR sedikit, namun penyakit ini sangat progresif dan paling banyak menyebabkan kecacatan. “Kerusakan sendi sudah mulai terjadi pada 6 bulan pertama dan jika tidak diobati bisa terjadi cacat dalam 2-3 tahun,” tambah mantan Ketua Umum Ikatan Reumatologi Indonesia ini.


Topik Terkait:
,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>