Empat Kesalahan Saat Kencan di Dunia Maya

Anda mengenali kesalahan yang dibuat wanita saat berkencan online

Dunia maya atau online bisa ajang pilihan untuk bertemu Mr. Right. Maraknya situs jejaring sosial atau kontak jodoh dapat membuat wanita memiliki banyak pilihan untuk menyeleksi pria idamannya. Agar tidak terjebak dengan pria yang salah, sebaiknya Anda mengenali kesalahan yang sering dibuat banyak wanita saat berkencan online. Ada trik yang perlu Anda ikuti supaya kencan dunia maya ini bisa merambah ke jenjang yang lebih serius.

Kesalahan pertama:

Kurang ‘menjual diri’

Anda mungkin merasa ragu untuk memamerkan kelebihan diri, karena takut terlihat angkuh di mata pria. Tapi, tahukah Anda, tidak menampilkan nilai positif diri Anda – seperti jago masak atau bisa berbicara 3 bahasa – malah bisa membuat pria kurang tertarik menelusuri biodata Anda. Yang perlu Anda lakukan, agar tidak terlihat sombong, minta teman dekat Anda untuk memberi komentar tentang diri Anda. Misalnya, tentang pengalaman Anda sering bertualang ke luar negeri. Siapa tahu, dari komentar itu bisa jadi bahan percakapan antara Anda dan calon Mr. Right.

Kesalahan kedua:

Tak menampilkan kepribadian yang unik

Semua orang terdekat Anda tahu, Anda adalah wanita yang berpenampilan menarik, baik, dan memiliki kepribadian menarik. Namun, banyak wanita di online yang mengaku memiliki semua itu. Bikin pria penasaran dan merasa tertantang dengan menampilkan cerita menarik  tentang Anda. Misalnya, jika Anda ingin menuliskan tentang musik, pastikan untuk menuliskan band favorit Anda. Atau, jika Anda pernah melakukan hal-hal yang jarang dilakukan wanita lain, sebaiknya ditampilkan. Contohnya, Anda pernah makan daging ular atau daging kuda untuk sekadar mencoba rasanya

Kesalahan ketiga:

Memamerkan foto yang salah

Pertama kali yang akan kaum Adam perhatikan adalah foto yang dimuat di profil Anda. Jadi, tampilkan foto terbaik Anda. Soalnya, meskipun memiliki profil yang oke, tapi foto Anda kurang menarik, biasanya pria akan enggan ‘mampir’ di halaman profil Anda. Jika memuat foto yang hanya menampilkan wajah, pria akan berasumsi Anda menutupi bentuk tubuh Anda. Selain itu, jangan memuat foto dengan teman wanita yang penampilannya lebih ‘hot’ dari pada Anda. Bisa-bisa, pria-pria itu malah menanyakan teman Anda. Yang perlu Anda lakukan: pajang foto yang memperlihatkan ujung kepala hingga kaki. Jangan lupa, untuk menyertakan foto-foto lainnya. Misalnya saat Anda berlibur, atau ketika bermain dengan anjing Anda. Foto-foto ini secara tidak langsung bisa menunjukkan kepribadian Anda yang menarik.

Kesalahan keempat:

Langsung melakukan ‘kopi darat’

Jangan terlalu mudah menerima ajakan pria di online untuk bertemu. Kenali dia lebih dalam lewat obrolan yang Anda lakukan berdua. Sebelum ‘kopi darat’, Anda bisa menjadi detektif kecil-kecilan dengan mengajaknya ngobrol lewat webcam, serta menanyakan pekerjaan dan kesehariannya. Coba perhatikan suasana ruangan di belakang si dia. Jika ia sering online di kamarnya, tanyakan padanya seperti apa kamarnya. Jika ia punya laptop, minta si dia untuk mengajak Anda ke beberapa ruangan di rumahnya. Jika  tidak keberatan untuk menceritakan tempat tinggalnya, setidaknya dari situ Anda bisa mengenali seperti apa dunia dan kesehariannya. Setelah beberapa lama berhubungan online dengannya, Anda bisa menerima ajakannya. Ada baiknya, Anda mengajaknya bertemu di tempat ramai atau tempat Anda biasa.

Memahami pria lebih dekat

Pria dan wanita mempunyai cara yang berbeda dalam mengatasi masalah. Wanita biasanya berdiskusi dengan teman atau keluarga sampai menemukan solusi. Sedangkan pria lebih suka menarik diri dalam mencari pemecahan masalah. Walaupun berkomunikasi itu penting, janganlah memaksa dia untuk berbicara bila dia tak siap. “Bukannya dia mengungkapkan masalah, bisa-bisa malah mengomeli Anda panjang-lebar dan akhirnya menjauh dari Anda.

Daripada menuai bencana, sebaiknya simak dulu penyebab uring-uringan pria, dan solusinya.

– Karier jalan di tempat

Kadangkala, pria memasang target yang tidak realistis, misalnya ingin menjadi manajer setelah tiga tahun bekerja. Nah, kalau tidak terwujud, dia menjadi stres dan frustrasi.

Solusi: Jika ini terjadi, penting bagi si dia untuk memahami bahwa Anda selalu siap mendengarkan masalahnya. Kalau dia bilang tak ada masalah, mungkin saja memang hari itu dia sedang mengalami hal yang kurang menyenangkan. Tapi, pastikan bahwa Anda selalu menjadi pendengar setia. Bila perlu, bantulah dia mengevaluasi tujuan kariernya.

– Kurang mendapat perhatian dari Anda

jika Anda tidak punya waktu untuknya bisa jadi si dia akan melakukan aksi ‘diam seribu bahasa’. Bila mau jujur, ingin selalu diperhatikan merupakan sikap yang agak menjengkelkan.

Solusi: Berikan perhatian padanya di saat-saat dia membutuhkan ANda. Tapi, jangan sampai semua waktu Anda hanya untuk dirinya. Katakan padanya bahwa sesekali Anda perlu pergi dengan teman-teman Anda. Si dia harus menyadari, Anda tidak perlu selalu berada di sampingnya. Manja boleh saja, tapi jangan berlebihan.

– Teman-temannya lebih sukses

Krisis terjadi karena hidup tidak berjalan sesuai harapannya, sehingga dia kecewa sekali. Secara alami, pria seperti ini akan menarik diri dari lingkungan dan merasa iri dengan prestasi yang dialami temannya.

Solusi: Anda harus bersabar membiarkannya hanyut dalam emosi sesaat. Setelah emosinya lenyap, katakan bahwa orang lain yang dia banding-bandingkan dengan dirinya itu mungkin mendapat kesempatan yang luput dari perhatiannya. Buatlah ia menyadari, walaupun Anda mendukungnya, namun bukan berarti bisa menyalahgunakan dan menuangkan rasa frustasinya pada Anda.

Melacak keberadaan pasangan dengan mudah

Sekarang kita sudah bisa melacak keberadaan pasangan dengan mudah. Setidaknya kita bisa tahu apakah ia bohong atau tidak saat ditanya dia berada dimana. Karena sering terjadi, saat sang istri/suami kontak via telpon  katanya masih di kantor. Ternyata dia ada di tempat lain. seorang teman yang bekerja di Telkom memberitahukan bahwa sebenarnya kita bisa mengetahui keberadaan seseorang berdasarkan nomor handphone. Dia mengaku memilik suatu software yang belum dipublikasikan secara luas, karena masih dalam taraf uji coba. Cara kerjanya adalah melalui foto-foto satelit ke bumi kita.

Dengan program khusus yang didesain sedemikian rupa maka kita akan mengetahui lokasi keberadaan seseorang itu. Jika uji coba itu selesai maka akan mudah mencari keberadaan seseorang, apalagi jika ia sedang buron. Dan pekerjaan polisi pasti akan lebih mudah. Katanya kita bisa melacak pasangan yang sedang serong. Dengan program itu kita bisa gunakan untuk melacak keberadaan pasangan kita yang kita curigai suka bohong. Mulanya saya tidak percaya, tapi teman saya berhasil meng-copy program tersebut, menunjukan kepada saya. Dia menjalankan suatu program yang sudah online dengan internet, membuka program tersebut lalu memasukkan  nomor handphone. Namun masih ada satu kelemahan dalam program ini. Ia harus dijalankan melalui internet yang online dan dengan catatan handphone yang dillacak harus dalam keadaan menyala. kemungkinan agak sulit menangkap sinyalnya.