Pria Bisa Berisiko Berhubungan Seks Pada Penderita Kanker Serviks

Pria Bisa Berisiko Berhubungan Seks Pada Penderita Kanker ServiksKanker serviks (leher rahim) merupakan kanker yang diderita wanita dan hampir sebagian perempuan punya risiko terkena kanker serviks. Bagaimana risiko pria yang berhubungan seksual dengan wanita penderita kanker serviks? Kanker serviks merupakan kanker yang disebabkan oleh infeksi Human Papillomavirus atau HPV. Virus ini bermacam-macam tipe, tetapi yang mempunyai potensi menimbulkan kanker serviks adalah sekitar 20 tipe dan diantara yang tersering dan berisiko tinggi adalah tipe 16 dan 18 (80 persen penyebab kanker serviks).

Biasanya sang suami juga akan diperiksa organ genitalnya oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. Hal senada juga disampaikan oleh dr Sigit Purbadi, SpOG (K), dokter spesaialis obstetri dan ginekologi FKUI/RSCM. Menurutnya, virus penyebab kanker serviks memang bisa ada di pria, yaitu di organ genitalnya. Menurut dr Sigit, meskipun HPV bisa menempel di kulit atau organ genital pria, tapi virus ini tidak akan menjadi berbahaya seperti ketika berada di serviks (leher rahim) wanita. Hal ini karena leher rahim bersifat lebih peka terhadap virus HPV ketimbang kulit tubuh atau penis pria.


Topik Terkait:
,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>