Tips Mengenai Postur Duduk yang Sehat

Tips Mengenai Postur Duduk yang SehatPosisi duduk yang salah bisa mengakibatkan masalah postur tubuh yang akan berdampak terhadap kesehatan secara menyeluruh. Ketahui cara duduk yang sehat agar tak menimbulkan penyakit metabolisme melambat, ketidakseimbangan kadar gula darah dan menimbulkan tekanan pada otot keseimbangan postural,” ujar Dr Helen Lee, Dr Lee menuturkan tak heran jika orang yang terlalu banyak duduk bisa menyebabkan penambahan berat badan dan juga status kesehatan yang buruk. Untuk itu seseorang perlu mengetahui dan memperbaiki postur tubuhnya.

Berikut ini tips mengenai postur duduk yang sehat, yaitu:

Mengembangkan postur duduk yang sehat.
Kursi yang terbaik pun tidak akan memperbaiki postur tubuh jika seseorang cenderung bungkuk, membungkuk pada keyboard atau menyilangkan kaki saat duduk.

Memberikan support (bantalan) pada pinggang.

Kursi yang digunakan harus dapat membantu atau tidak membuat orang sakit saat mencoba untuk duduk dengan sehat. Dr Lee menyarankan untuk duduk di kursi dengan memberikan support atau penyokong pada pinggang.

Menjaga tubuh tetap hidrasi.

Dehidrasi bisa membuat seseorang menjadi lelah dan cenderung akan duduk dengan posisi lebih merosot. Untuk itu tetaplah menjaga tubuh terhidrasi dengan baik sepanjang hari.

Periksa kondisi tempat tidur.
Seseorang bisa menghabiskan waktu 5-8 jam di tempat tidur dalam sehari, sehingga tempat tidur juga memiliki dampak yang signifikan terhadap postur tubuh. Untuk itu pastikan tempat tidur memiliki dukungan yang baik bagi tubuh dan mengganti letak tubuh setiap beberapa bulan untuk mencegah lekukan tubuh di kasur yang bisa membuat badan sakit.

Bangun dan bergerak.

Bergeraklah secara teratur atau bangun setiap 15-30 menit sekali untuk meregangkan otot, bergerak dan bernapas. Jika memungkinkan cobalah berjalan-jalan sejenak.

.