Jika Kebersihan dan Kesehatan Gigi Terjaga Tubuh Juga Kebal Penyakit

Jika Kebersihan dan Kesehatan Gigi Terjaga Tubuh Juga Kebal PenyakitJarang memeriksakan barisan mutiara Anda ke dokter gigi, karena takut? Jika iya, jangan biarkan ketakutan ini membuat Anda ‘alergi’ mengecek kesehatan gigi. Sebab, ada beberapa penyakit yang berhubungan erat dengan kondisi kesehatan gigi dan mulut.

Jika kebersihan dan kesehatan gigi Anda terjaga, tubuh juga akan kebal terhadap penyakit dan gangguan kesehatan berikut ini,

Penyakit jantung.
Studi yang dilakukan peneliti di Berkeley University, AS, menemukan, wanita yang merawat giginya dengan baik memiliki risiko rendah terkena serangan jantung.

Kanker mulut.
Tiap kali Anda mendapatkan perawatan gigi, keadaan gigi dan sekitarnya akan diperiksa sekaligus untuk mencari tahu apakah ada bengkak atau radang.

Kekurangan gizi.
Dengan melihat lidah dan gusi, dokter gigi mungkin dapat memberitahu jika tubuh kekurangan vitamin tertentu dan nutrisi. Yang perlu diwaspadai adalah warna lidah pucat, yang bisa menjadi tanda kekurangan zat besi.

Diabetes.
Kondisi gigi dan gusi dapat menunjukkan apakah Anda terkena diabetes atau tidak. Jika Anda memiliki riwayat keluarga yang terkena diabetes, Cram menyarankan agar Anda rutin berkonsultasi dengan dokter gigi. Mungkin kemudian Anda direkomendasikan untuk memeriksakan gigi secara rutin 2-4 kali setahun.


Topik Terkait:
, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>