Makanan yang Dapat Mencuri Kandungan Mineral Dalam Tubuh

Makanan yang Dapat Mencuri Kandungan Mineral Dalam TubuhBanyak penyakit yang muncul bila tubuh kita kekuranngan mineral. Maka dari itu, mineral zat penting yang sangat dibutuhkan dalam tubuh. Sayangnya, makanan tertentu pun dapat mencuri tabungan mineral dalam tubuh. Mineral paling penting yang dibutuhkan tubuh adalah kalsium, zat besi, iodium, magnesium fosfor, selenium dan seng.

Kekurangan mineral dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit
sebagai berikut:

1. Peningkatan peluang pilek dan flu
2. Pertumbuhan terhambat dan tulang rapuh
3. Tekanan darah tinggi
4. Depresi dan kecemasan
5. Anemia
6. Sakit otot dan osteoporosis
7. Masalah pencernaan (seperti sakit maag, sembelit, mual atau diare).

Berikut beberapa makanan yang dapat mencuri kandungan mineral dalam tubuh:

Garam atau natrium yang mencuri kalsium.
Mengonsumsi makanan yang mengandung garam alias asin secara berlebihan dapat meningkatkan pembuangan kalsium melalui urine, yang berpotensi menyusutkan jumlah tabungan kalsium tulang dan bisa menyebabkan osteoporosis.

Minuman ringan dan bersoda yang membuang kalsium.

Kebanyakan minuman ringan dan bersoda mengandung banyak asam folat yang juga dapat meningkatkan ekskresi kalsium dalam urine.

Kafein pada teh dan kopi yang mengganggu penyerapan zat besi.
The National Women’s Health Information Center menyatakan bahwa minum kopi atau teh bersamaan dengan makanan mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dari dalam makanan.

Sayuran yang terlalu matang mencuri zat besi dan asam folat.
Sayuran hijau yang dimasak terlalu matang dapat mengurangi penyerapan zat besi, asam folat dan B12 dari sayuran. Sebaliknya, sayuran mentah atau dikukus setengah matang justru baik untuk kebutuhan mineral tubuh.

Protein kedelai yang memblok zat besi.
College of Family Physicians, Kanada, menyatakan bahwa protein dalam kedelai dapat mengurangi dan memblok penyerapan zat besi dalam tubuh.