Lemak Baik yang Bisa Meningkatkan Kolesterol

Lemak Baik yang Bisa Meningkatkan KolesterolSelama ini lemak dikenal sebagai nutrisi yang harus dihindari karena bisa memicu berbagai penyakit Tapi ada lemak yang justru bisa meningkatkan kolesterol baik di tubuh, yaitu lemak tak jenuh.

Lemak baik yang bisa meningkatkan kolesterol adalah:

1. Minyak nabati
2. Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang kedelai
3. Alpukat

Lemak tak jenuh yang ditemukan dalam 3 kelompok ini bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Para peneliti menguji efek penambahan lemak tak jenuh ke dalam diet serat tinggi yang sebelumnya sudah diketahui dapat mengurangi kolesterol LDL pada orang dewasa.Hasilnya partisipan yang mengurangi asupan lemak jenuh dan menambahkan sayuran di dalam pola makannya mengalami penurunan kadar kolesterol LDL sebesar 35 persen. Hal ini sebanding dengan manfaat yang didapatkan jika seseorang mengonsumsi obat penurun kolesterol.

Jika partisipan menambahkan lemak tak jenuh dalam pola makannya, menunjukkan peningkatan rata-rata kolesterol HDL sebesar 12 persen. Kombinasi dari mengonsumsi sayuran dan lemak tak jenuh tunggal akan membantu seseorang melakukan sesuatu yang diinginkannya ketika berhubungan dengan kadar kolesterol, Lemak bukanlah cara ajaib untuk menurunkan kolesterol, tapi mengubah kebiasaan makan secara keseluruhanlah yang menjadi kuncinya. Karenanya disarankan untuk mengurangi asupan daging merah dan susu, tapi meningkatkan asupan ikan, sayuran, makanan berbasis kedelai, almond dan minyak zaitun.