Empat Cedera yang Biasanya Disebabkan Oleh Diri Sendiri

Empat Cedera yang Biasanya Disebabkan Oleh Diri SendiriLuka atau cedera bisa terjadi kapan dan dimana saja. Tapi terkadang cedera tersebut diakibatkan oleh diri kita sendiri. Maka dari itu kita harus waspada untuk menjalani apa yang dikerjakan yang bisa membahayakan bagi diri kita sendiri.

Ada empat cedera yang biasanya disebabkan oleh diri sendiri, yaitu:

Terbakar.
Meyer mengungkapkan jika bagian yang terluka memiliki diameter kurang dari 3 inci (7cm), maka alirkan luka dengan air selama 5 menit dan jangan langsung memberikan krim antiseptik. Setidaknya tunggu hingga 1 jam atau sampai kulit menjadi dingin atau sampai sensasi terbakarnya hilang, ini untuk mencegah infeksi dengan krim.Tapi jika derajat luka bakarnya sudah meningkat, segera minta bantuan medis dan jangan mencoba mencabut pakaian yang menempel di kulit atau mengompresnya dengan air dingin karena bisa memicu shock dan hipotermia.

Teriris.
Cedera ini bisa dialami saat masak atau memotong sesuatu yang menggunakan pisau atau gunting. Jika darah yang keluar tidak terlalu banyak, ambil serbet bersih atau kasa steril lalu tempatkan di atas luka untuk memberikan tekanan. Tapi jika lukanya dianggota tubuh lain, maka angkat bagian tubuh tersebut hingga lebih tinggi dari jantung untuk memperlambat aliran darah.

Keseleo atau terjatuh.
Jika saat terjatuh seseorang bisa memindahkan sendi atau tulang tanpa rasa tidaknyaman dan tidak ada kelainan bentuk, maka kemungkinan tidak mengalami cedera patah. Tak ada salahnya untuk memberikan kompres es yang dibungkus kantong atau handuk. Kondisi ini untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan. Tapi jika terdengar suara tulang bergerak atau mengalami kelainan bentuk, mintalah bantuan medis untuk menanganinya.

Terkena sengatan lebah.

Sengatan lebah umumnya menimbulkan rasa nyeri dan semakin lama sengatan menempel di kulit, maka akan semakin terasa sakit. Usahakan untuk mencabut sengatan lebah tersebut dengan menggunakan pinset atau kuku. Satu hal yang pasti jangan pernah menyedot sengatan untuk mengeluarkan racun, karena akan memperburuk keadaan.