Penggunaan Kawat Gigi

Penggunaan Kawat GigiSalah satu perawatan yang bisa dilakukan untuk merapikan gigi adalah menggunakan kawat gigi. Tapi kapan sebenarnya seseorang membutuhkan kawat gigi? Penggunaan kawat gigi biasanya cukup sederhana tanpa menggunakan jarum, bius atau pengeboran gigi. Kawat gigi bisa digunakan pada usia berapapun, namun usia yang ideal untuk menggunakan kawat gigi adalah usia 10-14 tahun. Sebelum menggunakan kawat gigi dokter akan melakukan pemeriksaan untuk menentukan seberapa banyak ruang yang tersedia untuk kawat gigi, lokasi gigi yang perlu diluruskan dan untuk melihat kondisi kesehatan gigi seperti apakah ada gigi berlubang atau tidak.

Ada beberapa alasan yang membuat seseorang membutuhkan bantuan kawat gigi, seperti karena ada kebutuhan untuk memperbaiki lokasi gigi atau gangguan ortodontis hingga kebutuhan kosmetika sehingga terlihat lebih cantik saat tersenyum.

Namun umumnya orang memerlukan kawat gigi karena:

Untuk meluruskan gigi.

Bentuk gigi yang bengkok atau tidak sejajar bisa menyebabkan masalah dalam hal proses menggigit, mengunyah dan memproses makanan. Kondisi ini memiliki kemungkinan menyebabkan sakit kepala dan sakit Untuk membetulkan kondisi saat menggigit. Misalnya jika posisi rahang atas gigi terlalu jauh ke depan atau gigi bawah yang terlalu ke dalam, sehingga memiliki posisi menggigit yang tidak pas. Kondisi ini akan mengakibatkan ketegangan di rahang dan membuat seseorang menggigit dengan tidak benar.

Agar bisa mengunyah makanan lebih baik.

Jika posisi gigi tidak benar, maka makanan yang masuk tidak akan terkunyah dengan baik yang nantinya dapat memicu gangguan di perut.

Adanya masalah pada pernapasan.

Jika terjadi perubahan dalam struktur gigi maka bisa memicu perubahan mulut. Jika gigi tidak lurus dan selaras, maka akan menyebabkan gangguan pernapasan.