Menjaga Sikat Gigi Supaya Bebas Dari Kuman

Menjaga Sikat Gigi Supaya Bebas Dari KumanCoba perhatikan bagaimana perlakuan Anda pada sikat gigi. Pagi hari, Anda terburu-buru menyikat gigi, membilas sikat gigi dan melemparkannya ke tempat penyimpanan. Malam hari, terdorong oleh rasa kantuk, sikat gigi dilakukan dengan cepat-cepat dan wuut… lagi-lagi sikat gigi tinggal diletakkan begitu saja. Sekarang periksa sikat gigi Anda, apakah Anda menemukan sisa pasta gigi, sisa kotoran dan kerak-kerak di sana? Tandanya sikat gigi Anda sudah tidak sehat lagi! Sikat gigi harus dijaga kebersihannya karena dia langsung berhubungan dengan kebersihan rongga mulut Anda. Jika sikat gigi tidak dijaga kebersihannya, sikat gigi bisa jadi media berkumpulnya kuman, bakteri dan jamur. Bagaimana tidak, sikat gigi yang basah ditambah lagi dengan sisa makanan jadi sumber gizi untuk makluk-makluk

Agar si ‘mikro’ tidak betah di sikat gigi dan tidak masuk lewat rongga mulut Anda, ikuti cara berikut.

Penyimpanan yang sehat.

Jangan asal lempar sikat gigi setelah menggunakannya, Anda harus memperhatikan tempat penyimpanannya. Sikat gigi tidak boleh disimpan di tempat lembab, apalagi jika tempat itu sudah berjamur. Hindari meletakkan sikat gigi di dekat kloset, walaupun telah dilengkapi dengan penutup kepala sikat.

Gunakan disinfektan.
Jika sikat gigi Anda terlanjur disimpan dengan tidak baik, lakukan pembersihan seperti di atas dan aduk-aduk sikat gigi di dalam larutan disinfektan. Untuk menghindari sisa disinfektan agar tidak ikut masuk ke mulut, bilas bersih sikat gigi dengan air mengalir dan biarkan kering dengan diangin-anginkan sebelum dipakai.

Tetap kering.
Jaga sikat gigi tetap kering. Caranya, setiap selesai menggunakan sikat gigi, minimalkan airnya dengan cara mengibaskan sikat gigi dan mengeringkannya dengan handuk kering.

Bilas bersih.
Bulu sikat yang rapat membuat pasta gigi, serat daging dan sisa sayur tidak hilang begitu saja ketika diglontor air. Sempatkan untuk membuka bulu sikat dengan jari sambil diglontor air agar sisa-sisa makanan dan pasta gigi bisa ikut terbuang. Jangan menyimpan sikat gigi dalam keadaan kotor.