10 Alasan Air Penting Bagi Tubuh Kita

Air merupakan mineral yang sangat vital bagi tubuh manusia.

air minum bagi tubuhApa saja fungsi air bagi tubuh kita? Berikut 10 fungsi penting air menurut dr.Tan Shot, Yen, M.Hum, medical doctor dan penulis buku.

1. Air mencegah kerusakan DNA dan membuat perbaikannya lebih efisien.

2. Air meningkatkan efisiensi sistem kekebalan di sumsum tulang kita, termasuk menghadapi penyakit kanker.

3. Air adalah pelarut utama semua makanan dalam tubuh kita, vitamin, dan mineral; dipergunakan untuk memecah bahan-bahan tersebut dan metabolismenya serta asimilasinya.

4. Air memberikan energi kepada makanan di dalam tubuh kita, sehingga partikel makanan dapat menyediakan energi selama proses pencernaan.

5. Air dipergunakan sebagai penghantar semua zat dalam tubuh kita.

6. Air membersihkan buangan racun dari berbagai bagian tubuh dan membawanya ke hati dan ginjal untuk dibuang.

7. Air meningkatkan efisiensi sel darah merah menangkap oksigen di paru-paru.

8. Air adalah pelumas utama di sel sendi dan membantu mencegah rematik dan sakit pinggang.

9. Air penting untuk sistem pendinginan tubuh  dan pemanasan tubuh.

10. Air membantu menurunkan stres, kegelisahan, dan depresi.

Demikian fungsi-fungsi dari Air mineral yang penting bagi tubuh kita, untuk di kosumsi dalam sehari-hari.

Tahukah Anda bahwa air dan stres sangat berhubungan.

Seluruh bagian tubuh manusia selalu membutuhkan air putih dalam segala aktivitasnya. Bila kandungan air putih dalam masing-masing organ kekurangan, fungsinya akan menurun. Selain lebih mudah terpapar oleh bakteri dan virus, kita juga rentan terkena stres. kekurangan cairan tubuh setengah liter saja dari kebutuhan air setiap hari (2 liter) bisa meningkatkan kadar kortisol, salah satu hormon stres. Fungsi kortisol adalah melepas glukosa ke dalam peredaran darah sebagai energi. Hormon kortisol bersama dengan hormon-hormon stres yang lain bisa mengganggu beberapa fungsi tubuh. Bila hanya terjadi sekali-kali, mungkin tak perlu dikhawatirkan. Namun, bila Anda sering dehidrasi, tentu saja fungsi imunitas tubuh bisa terkena imbasnya. Bukan berarti minum bergelas-gelas air akan secara ajaib menghilangkan berbagai tekanan hidup, mulai dari soal uang hingga hubungan dengan pasangan. Tapi, bila selama ini stres sudah menjadi “makanan” sehari-hari, paling tidak Anda tak akan mendapat tambahan stres akibat faktor dehidrasi.

Saat tubuh dan pikiran sedang menghadapi sesuatu yang menimbulkan stres, biasanya kita tak akan ingat untuk minum cukup air. Padahal, air sangat membantu konsentrasi kita. Stres bisa menyebabkan gejala-gejala yang sama seperti saat kita dehidrasi, yakni detak jantung meningkat, mual, lelah, dan sakit kepala. Jika dehidrasi semakin tinggi, hal itu  dapat memicu penurunan kesadaran sampai kerusakan otak karena otak adalah organ yang paling sensitif terhadap kekurangan air. Air mempunyai peranan yang penting dalam tubuh kita, yakni sebagai pelarut, katalisator, pelumas, pengatur suhu tubuh, serta penyedia mineral dan elektrolit bagi tubuh. Rasa haus merupakan petunjuk bahwa tubuh sedang mengalami dehidrasi ringan.