Jenis Kanker yang Risikonya Meningkat Pada Odapus

Jenis Kanker yang Risikonya Meningkat Pada OdapusMeski tidak berhubungan secara langsung, pasien Lupus memiliki risiko lebih tinggi terkena berbagai jenis kanker. Tapi khusus untuk kanker kolon atau usus besar, risikonya pada orang dengan lupus (Odapus) justru lebih kecil. Lupus atau lengkapnya Systemic Lupus Erythematosus (SLE) disebut juga penyakit seribu wajah karena gejalanya bisa sangat bervariasi tergantung bagian mana yang diserang. TaJk jarang para dokter salah mendiagnosis Lupus sebagai penyakit lain. Penyakit ini dipicu oleh gangguan autoimun dan bisa menyerang berbagai organ vital seperti ginjal, jantung, hati dan saraf dan lebih banyak menyerang wanita produktif. Tidak hanya itu, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa Lupus juga meningkatkan risiko berbagai jenis kanker.

Jenis-jenis kanker yang risikonya meningkat pada odapus (orang dengan lupus) adalah sebagai berikut:

Limphoma atau kanker ganas pada sel darah putih.

Diduga karena stimulasi berlebih pada sel limfosit B yang merupakan komponen sistem kekebalan tubuh.

Kanker payudara.
Diduga karena lupus mempengaruhi produksi hormon esterogen.

Kanker leher rahim.
Peningkatan risiko kanker leher rahim (serviks) meningkat terutama jika Odapus memiliki riwayat infeksi menular seksual dan menggunakan kontrasepsi.

Kanker paru-paru.
Pada Odapus risiko kanker paru-paru meningkat 1,4 kali dibanding populasi umum. Risikonya lebih tinggi lagi jika Odapus adalah seorang perokok.

Kanker endometrium.
Endometrium atau rahim Odapus rentan terserang kanker, meski penyebabnya tidak diketahui.