Jangan Pandang Remeh Masalah Pada Mulut

Jangan Pandang Remeh Masalah Pada MulutJangan remehkan masalah pada mulut yang dapat mengindikasi adanya penyakit serius pada diri Anda. Mungkin saja Anda perlu ketahui bahwa masalah yang terjadi di mulut Anda dapat mempengaruhi  kesehatan Anda. Contohnya pada saat keadaan mulut yang seringkali kotor atau tidak bersih diketahui dapat menyebabkan penyakit jantung. Selain itu juga masalah pada mulut Anda juga dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang bisa di bilang sangat serius. Maka dari itu Anda bisa membersihkan mulut dari kotoran-kotoran yang tertinggal di mulut Anda.

Berikut ini ada beberapa daftar kondisi mulut dan tanda-tanda masalah apa saja yang perlu Anda harus diwaspadai:

Refluks asam.
Jika gigi Anda rapuh dan berubah warna mungkin saja disebabkan oleh refleks asam yang ada pada mulut Anda yang menyebabkan munculnya kerusakan enamel pada gigi. Refluks asam, yang juga dikenal sebagai penyakit refluks gastroesophageal, disebabkan oleh tidak berfungsinya penghalang antara kerongkongan dan perut Anda, yang memungkinkan asam dari perut Anda memberi pengaruh negatif pada semua organ tubuh sampai ke mulut Anda.

Kanker mulut.
Jika Anda memiliki luka terbuka pada mulut selama berminggu-minggu, mungkin Anda mengalami suatu masalah yang jauh lebih berbahaya daripada sekedar infeksi, yakni kanker mulut. Jika area pada mulut Anda yang terasa sakit memiliki batas putih atau merah.

Diabetes.
Jika Anda mengalami mulut kering atau keseringan haus, dan Anda tidak perokok, atau mengkonsumsi obat yang mempunyai efek samping yakni mulut menjadi kering, maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan diabetes ke seorang dokter. Mulut yang selalu kering juga bisa mengindikasi bahwa Anda menderita penyakit yang disebut sindrom Sjogren, yakni sebuah kelainan otoimun di mana sel imun menyerang dan menghancurkan kelenjar eksokrin yang memproduksi air mata dan liur.

Stres.
Apabila Anda sering bangun tidur dengan merasakan sakit pada rahang gigi bisa diindikasi bahwa Anda sedang mengalami tingkat stres yang cukup tinggi.