Kesehatan Kulit Untuk Tubuh

Banyak orang belum merawat kulit untuk tubuh secara maksimal.

Kesehatan Kulit Untuk TubuhSelain unsur dari dalam seperti stress, hormonal, dan radikal bebas, sinar ultraviolet, asap polusi, atau debu itu contoh unsur luar yang mempengaruhi kesehatan kulit, termasuk timbulnya penuaan dini. Banyak orang belum merawat kulit secara maksimal, kecuali kalau sudah mengalami luka atau rusak. Padahal merawat selubung tubuh itu tidak rumit, meski ada kiat-kiatnya agar tak cepat menua. Artikel kesehatan menginformasikan kepada kita tentang esehatan tubuh. Artikel kesehatan bisa berisi tentang penyakit dan cara menjaga kesehatan tubuh.  Artikel kesehatan ini akan menjelaskan kesehatan kulit secara detail. Kulit sehat menurut artikel kesehatan sebenarnya cerminan kondisi tubuh yang sehat.Sebaliknya, kulit kusam kurang bercahaya bisa menjadi indikasi tubuh tidak dalam keadaan fit.

Bisa demikian karena kulit mengusung banyak fungsi penting lain di luar sebagai indera perasa dan selubung tubuh dari ancaman kondisi alam sekitar. Ia membantu mengatur suhu tubuh, juga melindungi dari virus dan bakteri, dan tak kalah penting menjalankan fungsi sekresi serta pengeluaran cairan. Sedangkan pengeluaran cairan berupa keringat yang terutama terdiri atas air untuk mengatur suhu tubuh agar tetap dalam batas normal. Kerusakan kulit  yang sering dialami mereka yang berusia di atas 30 tahun meski bisa pula terjadi pada yang lebih muda – juga bisa disebabkan oleh faktor eksternal lain seperti tingkat polusi alam sekitar, yang bisa berupa berbagai asap dengan kandungan karbon, tumpukan debu dan kotoran lain di kulit. Menurut artikel kesehatan kulit selain dari luar, kondisi internal tubuh turut berpengaruh terhadap kesehatan kulit, seperti faktor hormonal, faktor keturunan, stres, dan radikal bebas.

Lapisan kulit paling luar adalah kulit ari  yang tipis seperti kulit bawang. Di bawahnya adalah berbagai organ yang sudah disebut tadi. Lebih dalam lagi ialah jaringan lemak yang tebal. Lapisan berikutnya yaitu otot  dan tulang, yang bukan lagi bagian dari kulit. sebetulnya setiap 28 hari sekali sel-sel kulit akan beregenerasi atau meremajakan diri. Sel kulit yang semula berbentuk bulat akan naik ke permukaan kulit dan berubah bentuk menjadi gepeng, sebelum akhirnya mati dan menjadi bagian dari lapisan kulit ari. kerutan di wajah lebih sulit dihilangkan sama sekali. Meski beberapa cara dapat menguranginya dengan hasil yang nyata. Salah satunya dengan melakukan chemical peeling. Dalam artikel kesehatan diceritakan kulit wajah diolesi cairan khusus yang membuat kulit ari mengelupas. Setelah sembuh – dengan makan waktu cukup lama – kerutan-kerutan menjadi hilang.

Jambu biji baik bagi kesehatan kulit.

Jambu biji akan membuat kita senantiasa terlihat cantik dan sehat. bukan hanya untuk kaum hawa, namun juga untuk para kaum adam yang ingin menjaga kesehatan kulitnya. menemukan bahawa jambu biji adalah buah dengan kandungan Antioksidan terkaya diantara buah-buahan yang lainnya.kandungan Vitamin C jambu biji lima kali lebih banyak daripada buah jeruk, yaitu 377mg. Vitamin C merupakan bahan dasar kolagen yang sangat baik untuk mengatasi masalah keriput di wajah. Jambu biji sangat kaya serat yang bekerja untuk mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah. mengkonsumsi jambu biji dapat meningkatkan kesehatan jantung.
Tips : Carilah jambu biji yang berwarna hijau agak kekuning-kuningan dan pastikan jambu yang berbiji merah.

Diet untuk kesehatan kulit.

Pada prinsipnya diet adalah pola pengaturan makan kedalam tubuh, tak hanya untuk mendapatkan berat badan yang ideal diet juga dilakukan untuk menopang proses penyembuhan dari penyakit bahkan untuk merawat kecantikan. Diketahui ada jenis diet tertentu yang dapat diterapkan agar kulit wajah terlihat lebih berkilau dan segar.

- Diet agar kulit halus
Makanlah buah-buahan dan sayuran yang berwarna orange, merah atau hijau tua seperti : labu kuning, wortel, ubi jalar, tomat dan bayam setiap hari , bahan makanan ini diketahui mengandung zat beta karoten sejenis antioksidan yang dapat menangkal aktivitas sel radikal bebas penyebab kulit berkerut.
- Diet mencegah kerusakan kulit.
Para ahli nutrisi menyarankan untuk mengkonsumsi dark chocolate, biji bunga matahari serta the hijau. Biji bunga matahari diketahui mengandung vitamin E yang tak hanya ampuh mengatasi reaksi radikal bebas tetapi juga berfungsi melindungi kulit dari moleku-molekul perusak eksternal yang berasal dari polusi udara. Dark Chocolate dan teh hijau mengandung polyphenols senyawa alami yang mampu mengendalikan zat-zat pemicu peradangan. Selain itu polyphenols juga melancarkan aliran darah dikulit.
- Diet untuk mengencangkan dan mencerahkan kulit.
Stroberi, aneka citrus, paprika ( terutama paprika merah ) serta brokoli adalah jenis buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi. Didalam tubuh vitamin C mampu mengaktifkan fibroblast sel pembuat kolagen. Semakin bagus kualitas kolagen dalam tubuh berarti kulit semakin kencang dan cerah. Sayur dan buah yang mengandung vitamin C dapat dikonsumsi sebanyak yang diinginkan setiap hari

Kulit kering karena sering mandi.

Setiap orang harus mandi untuk membersihkan kulitnya dari debu-debu yang menempel serta untuk mengangkat sel kulit mati. Tapi ingat jangan terlalu sering mandi karena justru bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Bukan berarti orang diharuskan untuk jarang mandi, karena jika jarang mandi juga tidak bagus untuk tubuh. Namun jika terlalu sering mandi bisa membuat lapisan kulit alami tubuh akan terkikis, sehingga tubuh akan menjadi kering dan tidak ada lagi lapisan yang bisa melindungi kulit.

Ada beberapa hal yang paling sering menjadi penyebab kulit kering selain keseringan mandi yaitu:

- Cuaca, umumnya terjadi saat musim dingin karena memiliki kelembaban yang rendah. Selain itu angin dan panas yang terlalu ekstrim juga bisa membuat kulit dehidrasi yang menyebabkan menjadi kering.

- Sabun yang keras, pelembab yang berparfum dan deterjen bisa membuat kulit kering.

- Pendingin dan penghangat ruangan.

- Perubahan metabolisme yang bisa terjadi karena faktor usia atau akibat dari kondisi pengobatan tertentu.

Gejala yang ditimbulkan biasanya tergantung dari umur, kesehatannya, faktor lingkungan apa yang mempengaruhinya dan penyebab utamanya. Namun, biasanya ditandai dengan kulit yang kasar dan tidak nyaman serta kadang timbul kemerahan.
Masalah kulit kering ini bisa dicegah atau diobati jika belum terlalu parah, ikutilah langkah berikut ini:

- Jangan terlalu sering mandi dalam satu hari, cucilah muka satu kali sehari.

- Jangan menggunakan sabun yang keras, sabun yang mengandung pelembab paling baik digunakan.

- Hindari produk yang mengandung alkalin tinggi atau mengandung alkohol.

- Gunakan air yang hangat bukan yang panas.

- Gunakan pelembab udara jika udara sedang kering.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut dan menghindari segala pemicu yang bisa menimbulkanya, maka kulit kering bukan lagi menjadi masalah bagi Anda. Dan ingat jangan terlalu sering mandi dalam sehari, mandilah sewajarnya sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore hari serta gunakan sabun yang mengandung pelembab.



Topik Terkait:
, , , ,

ARTIKEL TERBARU SETENGAHBAYA.INFO

Resep Sederhana Untuk Memperkuat Gigi

Memiliki gigi yang rapi dan sehat merupakan keinginan dari setiap orang apalagi jika memiliki senyum yang indah. Untuk merawat dan menjaga kesehatan gigi agar menjadi kuat tentu banyak cara yang orang dapat lakukan. Makanan yang kita masukan dalam perut tiap harinya merupakan salah satu faktor yang dapat membuat gigi dan […]


Mengenal Akut Angioedema dan Bahayanya

Mungkin semua orang pernah terjangkit gatal-gatal dan bengkak di bagian beberapa tubuhnya itu merupakan gangguan akut angioedema. Akut Angioedema adalah merupakan suatu kelainan sistem kekebalan yang diturunkan, yang menyebabkan pembengkakan jaringan pada tubuh secara tiba-tiba. Gejala pembekakan atau benjolan sangat mirip dengan urtikaria, hanya saja apabila urtikaria, umumnya dikenal sebagai […]


Waspadai Sinus Non Spesifik Sulit Terdiagnosis

Sinus Non Spesifik kini menjadi masalah kesehatan yang membahayakan suatu spektrum dari kondisi patologi yang berkaitan dengan inflamasi sinus paranasal akibat adanya jamur. Infeksi sinus oleh jamur jarang terdiagnosis karena sering luput dari perhatian. Penyakit ini mempunyai gejala yang mirip dengan sinusitis kronik yang disebabkan oleh bakteri, sehingga sangat sulit […]


Faktor Ketika Kelebihan dan Kekurangan Molibdenum Pada Tubuh

Molybdenum diklasifikasikan sebagai unsur logam dan ditemukan secara luas di alam dalam bakteri pengikat nitrogen. Hal ini penting dalam jumlah yang kecil untuk manusia, hewan dan kesehatan tanaman. Pada manusia dan hewan, berfungsi terutama sebagai kofaktor penting dari enzim dan membantu dalam metabolisme lemak dan karbohidrat dan membuat sel-sel dapat […]


Mengenal Ataxia Telangiectasia atau Sindrom Louis-Bar

Ataxia telangiectasia (AT) adalah penyakit immunodeficiency primer yang mempengaruhi sejumlah organ yang ada dalam tubuh. Penyakit imunodefisiensi adalah salah satu yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh untuk memecah, membuat tubuh rentan terhadap penyakit. Ataxia telangiectasia juga dikenal sebagai sindrom Louis-Bar atau sindrom Boder-Sedgwick. Kelainan ini merupakan penyakir yang langka, kelainan genetik […]


Artikel Tentang Euthanasia (Suntik Mati)

Dengan berkembangnya dunia sekarang ini, membuat peradaban manusia tampil gemilang sebagai refleksi dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga membuat persoalan-persoalan norma dan hukum kemasyarakatan dunia dapat bergeser, sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat yang bersangkutan. Didalam masyarakat modern seperti dibarat, kebutuhan dan aspirasi masyarakat menempati kedudukan yang tinggi, sehingga […]


Manfaat Sabun Asepso untuk Kulit

Bagi orang-orang tua kita tentu tidak terasa asing lagi jika admin menyebut sabun asepso. Sabun yang warna hijau dikenal memiliki banyak kegunaan selain digunakan untuk mencuci juga digunakan untuk mandi dan juga terkenal sebagai sabun anti kuman yang membedakan warna hijaunya sangat pekat dan memiliki wangi khas sekali antiseptic pembunuh […]


Dampak Makan Beras Mentah dan Khasiatnya Bagi Kulit

Dalam menjaga kesehatan tubuh tentunya banyak hal-hal yang menjadi pendukung seperti pola makan, jadwal istirahat, aktivitas pekerjaan, olahraga, stress dan lain-lain. Dari banyaknya faktor yang mempengaruhi kesehatan tersebut, ternyata pola makan merupakan kontribusi yang dominan dan sangat penting untuk diprioritaskan. Pola makan yang baik meliputi frekuensi makan, jenis makanan, jumlah […]


Ciri Ciri Orang Habis Melakukan Hubungan Intim

Bagi pasangan yag sudah melakukan hubungan intim tentu mereka tahu reaksi dari masing-masing pasangannya setelah melakukannya. Namun yang belum pernah melakukannya tentu akan penasaran bagiamana sebetulnya reaksi kebanyakan wanita setelah melakukan hubungan Intim. Sebenarnya wanita mempunyai reaksi yang sangat feminim. Mungkin Anda tidak pernah mengira bahwa setelah anda berhubungan intim, […]


Mengatasi Masalah Kelainan Pada Sendi Temporomandibular

Apakah Anda tahu seputar sendi temporomandibular, sendi temporomandibuler memiliki dua tempat dan masing-masing letaknya berada di setiap sisi wajah, tepat di depan telinga, dimana tulang temporal dari tengkorak berhubungan dengan rahang bawah (mandibula). Ligamen atau jaringan ikat yang berbentuk seperti tali atau pita, sebagai pengubung tulang-tulang atau pengikat alat-alat di […]


Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>