Jangan Lupa Berkumur Air Matang Sehabis Pakai Obat Semprot Asma

Jangan Lupa Berkumur Air Matang Sehabis  Pakai Obat Semprot AsmaPenyakit asma memang sulit disembuhkan, tetapi bisa di cek dengan obat-obat semprot berisi serbuk steroid. Jangan lupa kumur dengan air matang setelah menyemprotkannya ke mulut, karena jika lupa berkumur maka obat itu justru akan memperburuk asma. Sisa steroid yang tertinggal di mulut bisa memicu pertumbuhan jamur. Jika tidak kumur, jamur tersebut malah jadi pemicu asma. Obat-obat semprot untuk asma yang mengandung steroid adalah obat pengontrol yang harus dipakai sepanjang waktu agar serangan asma tidak kambuh.

Hanya ada 2 produk yang beredar di pasaran, yakni Symbicort (R) buatan AstraZeneca dan Seretide (R) buatan GSK.Obat pengontrol asma diberikan karena pada dasarnya asma sulit atau bahkan tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dikontrol. Pemberian obat pengontrol secara teratur akan mencegah kekambuhan dan menjaga fungsi normal paru-paru, sehingga pengidap asma bisa beraktivitas normal seperti orang sehat. Obat pengontrol asma adalah obat yang ditujukan untuk mencegah kekambuhan. Sedangkan jika terjadi serangan, maka jenis obat yang dipakai adalah obat pelega.

Obat pelega hanya dipakai sekali waktu dalam kondisi darurat saat terjadi serangan asma. Berbeda dengan obat pengontrol, obat pelega tidak mengandung steroid sehingga tidak perlu berkumur sesudah menggunakannya. Yang perlu diingat, obat pelega tidak untuk dikonsumsi setiap hari karena hanya mengatasi gejala dan tidak menyembuhkan radang yang memicu serangan asma. Radang yang dipicu oleh hipersensitivitas sel-sel di saluran pernapasan tersebut mengakibatkan penyempitan jalan napas. Pada serangan akut, penyempitan tersebut menyebabkan sesak napas, mengi atau napas berbunyi dan napas terengah-engah.


Topik Terkait:
,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>