Cara Perawatan Mata

Bayangkan jika kita sehari saja tidak bisa melihat.

cara perawatan mataMata merupakan satu organ tubuh yang sangat penting. Tanpa mata, maka kita akan sulit melakukan banyak hal. Berjalan, bekerja, menikmati alam, melihat muka, dan masih banyak lagi. melakukan perawatan mata adalah sebuah keniscayaan untuk dilakukan. Tidak hanya sehat, namun juga indah tentunya.

Berikut ada beberapa saran yang bisa Anda lakukan untuk perawatan mata Anda :

1. Setiap pagi setelah bangun tidur.

Isi mulutmu dengan air secukupnya, pejamkan mata dan percikkan atau siram mata Anda sekitar 10 – 15 menit. Jangan membasuh mata dengan air panas.

2. Jangan membasuh mata dan wajah saat sedang berkeringat.

Pada saat badan Anda sedang berkeringat, apalagi sehabis melakukan olahraga yang berat atau setelah terjemur matahari dan panas. Seharusnya Anda terlebih dahulu beristrahat sejenak,sebelum Anda membasuh mata atau wajah.

3. Dalam melakukan perawatan mata.

hindari menatap sesuatu secara terus menerus, terutama pada objek dengan jarak yang jauh. Sesekali kejapkan atau istirahatkan mata Anda jika terasa berat atau lelah. Hindari melihat suatu objek dibawah cahaya matahari yang terang untuk waktu yang lama. Jangan membaca, menulis atau bekerja yang menggunakan mata dengan sinar yang tidak tepat, atau jika cahaya tidak cukup.

4. Bangun sebelum matahari terbit.

Tidak tidur sama sekali pada malam hari dan tidur setelah matahari terbit akan membayakan mata. Jika begadang tidak bisa dihindari, minumlah secangkir air setiap setengah jam.

5. Lindungi mata Anda dari debu, asap, terik cahaya matahari.

Jika Anda tidak dapat menghindar, perawatan mata yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengejapkan mata Anda dan memijat lembut mata Anda yang terpejam dengan telapak tangan.

6. Lakukan senam mata dengan menggerakan bola mata kearah mana saja.

Anda harus memutar searah jarum jam atau bisa juga berlawanan jarum jam. Latihan mata yang teratur membantu menjaga penglihatan yang sempurna.

7. Sembelit dapat melemahkan penglihatan Anda.

Hindari terlalu banyak keinginan atau gelisah, sedih, marah, ketegangan jiwa, karena dapat membahayakan mata Anda.

8. Gosok kedua telapak tangan Anda selama 30 detik.

Dengan cara mengosok kedua telapak tangan selama 30 detik dan letakkan dengan lembut telapak tangan yang hangat pada mata yang terpejam.

9. Minum satu sendok teh bubuk Triphala.

Dengan satu sendok teh bubuk Triphala masukkan dalam segelas air dan diamkan semalam. Pada pagi harinya, saring airnya dan basuhlah mata dengan air tersebut.

10. Teteskan setetes madu di mata Anda.

Teteskan setetes madu di setiap mata satu kali seminggu, maka  bermanfaat untuk perawatan mata Anda, terutama dalam fungsi membersihkan mata. mungkin saja ini berfungsi pada setiap manusia.

11. Perbanyak minnum air putih.

Banyak minnum air putih akan membantu menghilangkan kelelahan. Ketika dehidrasi, terutama di ruangan ber-AC, tubuh mulai menyimpan air sebagai bentuk pertahanan diri. Hal ini menambah kelebaman di sekitar mata.

Makanlah makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E setiap hari; makan buah berasa asam, sayuran hijau, tomat, bayam, daging ayam dan susu. Anda bisa makan kubis dan wortel mentah atau dibuat jus, maka sangat bermanfaat untuk perawatan mata Anda.

Cara untuk mengurangi bengkak pada mata.

Ketika Anda siap untuk mengiris timun untuk mengurangi pembengkakan, pikirkan lagi! Zucchini mungkin berisi lebih banyak protein yang dikenal untuk meningkatkan kesehatan kulit yang baik! selama lima menit. Dingin mengurangi bengkak, sementara enzim dalam mentimun membantu menarik keluar kelebihan cairan. Kalau tidak ada bisa dengan teh celup beku dan dapat digunakan pada mata untuk mengurangi pembengkakan. Bisa juga dengan mengompres mata pakai 2 sendok makan yang sudah dibekukan di lemari es. Dan mata anda pun akan cerah kembali.

– Saline solusi lensa kontak.

Daripada membeli rewetting tetes, yang biasanya mahal dan membakar jika Anda menggunakannya untuk membersihkan kontak yang kotor, anda dapat menggantinya dengan larutan garam seukuran botol.

– Cara mengobati mata merah.

Bungkus es dalam kain katun dan kompres pada mata yang selama 10 menit. Ini akan memperketat pembuluh darah di sekitar mata dan menyebabkan mereka menyusut. Kesejukan es akan mengurangi kemerahan.

– Perawatan mata umum.

Lembutkan campuran dingin ketimun dan jus kentang. kompres pada kelopak mata Anda selama 15 sampai 20 menit lalu bilas sampai bersih. Oleskan sedikit minyak bayi. Untuk bulu mata panjang, oleskan lapisan tipis minyak jarak setiap malam. Ini memperkuat bulu mata dan mendinginkan mata Anda. Pijat beberapa tetes minyak kelapa di sekitar mata untuk menyingkirkan lingkaran hitam. Untuk mengurangi pembengkakan mata Anda, parutan kentang; dan taruh di atas mata Anda selama sekitar 15 menit.

– Cara menyembuhkan mata terganggu atau kering.

Jika mata Anda sakit, kering, kesal dari lensa kontak atau debu, mengambil kantong teh chamomille teh atau teh biasa tanpa aditif, rendam dalam air matang hangat dan menaruh beberapa tetes ke dalam mata kesal
Bagaimana menghapus keriput dan mengencangkan kulit mata.

– Cara menyingkirkan lingkaran hitam di bawah mata.

Cara terbaik untuk menghilangkan lingkaran hitam adalah untuk menerapkan minyak almond dua kali sehari di bawah mata Anda dengan jari-jari Anda dalam gerakan melingkar dan biarkan selama 15 menit dan kemudian mencucinya dengan air.