Memiliki Teman Baik Dapat Bermanfaat Bagi Kesehatan

Memiliki Teman Baik Dapat Bermanfaat Bagi KesehatanPersahabatan bisa saja didapatkan dari mana saja, mulai masa kecil, bangku sekolah hingga tempat kerja. Tidak hanya berbagi sukacita, kesedihan, tawa dan saat-saat menyenangkan, sahabat atau teman yang baik juga bisa membuat Anda makin sehat. Berteman dengan baik adalah teman yang membuat Anda baik secara fisik, mental dan emosional. Orang yang memiliki jaringan besar dan banyak teman hidup lebih lama sebesar 22 persen. Orang yang memiliki teman lebih sedikit cenderung lebih cepat meninggal karena serangan jantung ketimbang orang yang memiliki jaringan sosial yang kuat.

Berikut ada beberapa manfaat kesehatan yang deperoleh karena memiliki teman yang baik:

Menularkan kebiasaan baik
Jika Anda memiliki teman yang mengetahui pentingnya kesehatan, mereka juga akan memberi kebiasaan baik yang sama pada Anda. Teman juga merupakan cara yang brilian untuk membuat Anda meninggalkan kebiasaan buruk seperti kebiasaan makan yang tidak sehat dan kurang olahraga. Namun, perlu dipilah kebiasaan buruk teman yang mungkin juga bisa menular ke Anda.

Memberi dukungan yang kuat

Ketika Anda akan melalui beberapa operasi serius atau bahkan pengobatan kanker, hal yang paling penting adalah dukungan. Jika Anda memiliki teman dekat untuk membimbing Anda melalui hari-hari menyedihkan, peluang untuk meningkatkan kelangsungan hidup akan semakin besar.

Dapat mengurangi stres
Mengapa Anda menelepon teman saat sedang banyak pikiran? Itu karena teman-teman dapat membantu Anda mengurangi tingkat stres, baik stres karena pekerjaan atau stres hubungan, hanya dengan percakapan hangat. Bercerita alias curhat dengan teman merupakan hal yang Anda butuhkan untuk dapat menghalau hormon stres.

Membuat Anda lebih banyak bergerak
Orang yang menghabiskan waktu lebih banyak di depan TV atau komputer kebanyakan karena merasa kesepian dan tidak memiliki teman untuk bercerita. Orang yang memiliki banyak teman dekat akan lebih memilih untuk pergi keluar, jalan-jalan atau hanya sekedar berkunjung untuk bercerita. Hal ini akan membuat Anda lebih banyak bergerak.

Menjauhkan depresi
Perawatan untuk depresi adalah persahabatan. Persahabatan bekerja seperti pesona ketika melawan depresi. Sebuah studi tahun 2002 yang dilakukan di Johns Hopkins University menemukan bahwa para manula dengan kehidupan sosial yang aktif dan memiliki banyak teman kemungkinannya kecil untuk menderita depresi.