Cara Mudah untuk Mencegah Seseorang Mengalami Kelupaan

Cara Mudah untuk Mencegah Seseorang Mengalami KelupaanMungkin saja sebagian besar orang kehilangan memori sejak dini yaitu diusia mudah. Karenanya orang harus berusaha untuk menjaga memori di otaknya agar tidak hilang. Pentingnya memori bagi semua orang untuk menyimpan segala macam informasi. Berbagai hal akan dilakukan seseorang agar tetap bisa melindungi memorinya.

Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk melindunginya dan mencegah seseorang mengalami kelupaan:

Melakukan olahraga sebelum beraktivitas
Olahraga akan meningkatkan aliran darah, membawa oksigen yang sangat dibutuhkan dan glukosa sebagai bahan bakar. Bahkan orang bisa belajar kosakata 20 persen lebih cepat jika dilakukan setelah melakukan latihan. Olahraga yang dilakukan tak perlu susah-susah, bisa dengan jalan santai, menari atau melakukan kickboxing ringan.

Membersihkan gigi sebelum tidur
Kebersihan gigi tidak hanya berdampak pada senyum yang indah tapi juga penting untuk memori. Jika gigi tidak dibersihkan maka gusi bisa meradang sehingga memudahkan bakteri jahat memasuki aliran darah. Nantinya bakteri ini bisa menyebabkan radang di seluruh tubuh termasuk otak yang menyebabkan gangguan kognitif.

Sarapan dengan kaborhidrat

Melewatkan karbohidrat bisa membahayakan memori, karena sel-sel otak membutuhkan karbohidrat yang nantinya akan diubah oleh tubuh menjadi glukosa sebagai energi. Pilihlah biji-bijian utuh dan karbohidrat kompleks lain yang lambat dicerna sehingga memberikan aliran glukosa yang konsisten.

Menggerakkan mata ke sekeliling
Ketika memarkir kendaraan atau turun dari angkutan, cobalah memperhatikan keadaan di sekitar dengan memindahkan pandangan mata dari satu sisi ke sisi lain selama 30 detik dari tempat berdiri. Berlatih gerakan mata sederhana ini bisa meningkatkan memori jangka panjang hingga 10 persen dan membantu mengingat bagian penting dari suatu informasi.


Topik Terkait:
,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>