Makanan yang Bisa Memicu Sakit kepala

Makanan yang Bisa Memicu Sakit kepalaSakit kepala merupakan masalah umum yang bisa diderita siapa saja dari segala usia dan lapisan masyarakat. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan sakit kepala, salah satunya dari makanan. Ada berbagai jenis penyebab mengapa orang mengalami sakit kepala, seperti stres, sakit dan alergi. Tetapi pada banyak pasien, makan makanan tertentu juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Ada beberapa makanan yang bisa memicu sakit kepala:

Makanan yang mengandung nitrit atau aditif nitrat

Aditif seperti natrium nitrit atau natrium nitrat digunakan sebagai pengawet, pewarna dan aroma dalam makanan seperti hot dog, bacon, salami, sosis dan daging olahan lainnya. Aditif ini dapat melebarkan pembuluh darah menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang. Sakit kepala disebabkan oleh aditif biasanya dirasakan di kedua sisi kepala.

Makanan dingin
Makan atau minum sesuatu yang terlalu dingin dapat menyebabkan sakit kepala yang biasanya berlangsung selama kurang dari lima menit. Sebelumnya juga dikenal sebagai ‘pembekuan otak’ atau sakit kepala es krim. Rasa sakit pada sakit kepala jenis ini biasanya dirasakan di tengah dahi.

Keju
Keju mengandung asam amino yang disebut tyramine, yang telah dikaitkan dengan berbagai jenis sakit kepala, terutama migrain. Tyramine terbentuk dari pemecahan protein dalam makanan tertentu. Umumnya, semakin tinggi usia protein makanan, semakin besar konten tyramine.

Makanan yang mengandung monosodium glutamat (MSG)

Monosodium glutamat adalah aditif makanan atau penambah rasa yang ditemukan di kecap, pelunak daging dan banyak makanan kemasan. Sakit kepala yang disebabkan oleh MSG dapat terjadi dalam waktu 20 sampai 30 menit setelah dikonsumsi dan dapat menimbulkan gejala seperti tekanan di dada, pusing, sakit kepala di bagian depan atau sisi kepala, perut tidak nyaman atau sensasi terbakar di leher, dada atau bahu.


Topik Terkait:
,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>