Aneka Jenis Susu dan Manfaatnya

Aneka Jenis Susu dan ManfaatnyaMinum susu sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita semua. Bukan hanya susu sapi, banyak ragam susu yang bisa dikonsumsi. Sebelum mengonsumsi berbagai macam aneka susu, ada baiknya Anda tahu manfaat dan kandungan susu yang akan dikonsumsi. Mulai dari susu sapi hingga susu kedelai, masing-masing memiliki manfaat kesehatan yang berbeda.

Berikut beberapa aneka jenis susu dan manfaatnya yang perlu Anda ketahui:


Susu Organik

Sapi yang menghasilkan susu organik biasanya diberi pakan organik atau bebas berkeliaran dan merumput di rumput bebas pestisida. Mereka tidak diobati dengan hormon pertumbuhan sintetis untuk meningkatkan produksi susu atau disuntik dengan antibiotik untuk mencegah penyakit.

Susu Tradisional

Merupakan susu sapi hasil perahan. Setelah diperah, susu dipasteurisasi (dipanaskan, lalu cepat-cepat didinginkan) untuk membunuh bakteri seperti E. coli, salmonella, dan listeria. Susu ini merupakan sumber protein, kalsium, vitamin D, dan K.

Susu Beras

Susu beras dibuat dari campuran beras giling sebagian dan dicampur dengan air. Tersedia dalam berbagai rasa, termasuk coklat, vanili, dan carob. Susu ini biasanya dikonsumsi oleh mereka yang alergi terhadap susu kedelai, kacang, atau susu sapi.

Susu Kedelai
Susu kedelai merupakan ekstraksi dari kacang kedelai dewasa. Biasanya dicampur dengan air dan beberapa jenis pemanis alami. Susu kedelai secara alami rendah lemak jenuh dan bebas kolesterol. Sedikit lebih kental dari susu sapi, aman bagi orang-orang yang memiliki alergi susu atau yang tidak toleran terhadap laktosa.